oleh

Kapolres Banyumas Ajak Masyarakat Ciptakan Pilkada Damai

News Satu, Banyumas, Sabtu 23 Juni 2018- Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018, Polres Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) menggelar Apel Akbar Patroli Pengawasan dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng, Bupati dan Wakil Bupati Banyumas di alun-alun.

Selain itu, kegiatan tersebut adalah dalam rangka untuk menunjukan komitmen dari jajaran panitia pengawasan dari tingkat pengawas TPS maupun tingkat pengawasan kabupaten/kota untuk melaksanakan tahap akhir pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2018 (pemungutan suara).

Pemungutan suara tinggal beberapa hari dengan apel akbar ini kami berharap seluruh jajaran pengawasan Pemilu harus siap dan berkomitmen melakukan pengawasan jalannya Pilkada, sehingga Pilkada Serentak tahun 2018 dapat berjalan sesuai dengan regulasi.

Tahap pemungutan suara merupakan puncak dari acara Pilkada serentak tahun 2018 yang sebelumnya Panwaslu telah melaksanakan rangkaian kegiatan pada tahapan sebelumnya, baik pengawasan, klarifikasi maupun tindakan.

“Dalam kesempatan ini saya harapkan seluruh jajaran pengawasan TPS, PPL, pengawas kecamatan untuk tetap komitmen melakukan pengawasan Pilkada dan dapat memahami regulasi / aturan Pemilu,” kata Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun, Sabtu (23/6/2018)

Oleh karena itu, jajaran pengawas untuk mengawasi tahap tenang ini dan pemungutan suara, lakukan seluruh upaya pencegahan semaksimal mungkin untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran. Apabila upaya pencegahan pengawas tetap terjadi pelanggaran, maka sesuai aturan harus melakukan kewajiban hukum.

“Lakukan koordinasi dengan instansi terkait seperti KPU, pihak Keamanan untuk mengantisipasi potensi pelanggaran maupun gangguan keamanan. Kepada elit Parpol saya harapkan agar mendukung pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2018 dan seluruh lapisan elemen masyarakat untuk mendukung kelancaran Pillkada Serentak tahun 2018,” tandasnya.

Saat ini terisa 3 tahapan Pilkada serentak tahun 2018 yang akan dilaksanakan antara lain, Masa tenang 24 sampai dengan 26 Juni 2018, Pemungutan dan hitung suara (27 Juni 2018), Masa rekapitulasi dan penetapan Pasangan calon.

“Dengan sisa tahapan pemilu yang akan datang, saya harapkan semua pihak berkomitmen mengawal dan melakukan pengawasan hingga akhir tahapan,” Ungkap Kapolres.

Oleh karena itu, pihaknya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga ketertiban dan keamanan. Selain itu, pihaknya juga meminta agar seluruh ASN dan jajaran TNI/Polri untuk tetap netral dalam pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018.

“Dalam kesempatan ini saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang selama ini bersinergi dan bekerja sama dengan baik dalam mengawal tahapan Pilkada Serentak Tahun 2018,” imbuhnya. (Didi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.