oleh

Korem 071  Wijaya Kusuma Gelar Operasi Katarak Gratis

News Satu, Banyumas, Senin 27 November 2017- Tingginya penderita katarak di Jawa Tengah, mendapatkan perhatian serius dari Pandam IV/Dip Mayjen TNI Wuryanto, S.Sos., M.Si. Terbukti Korem 071 WK melaksanakan Bhkati Sosial Operasi Katarak di Rumah Sakit TK-III Wijaya Kusuma Purwokerto, Jawa Tengah (Jateng), Senin (27/11/2017).

Pandam IV/Dip Mayjen TNI Wuryanto, S.Sos., M.Si, dalam sambutan yang disampaikan Kasrem 071/Wk Letkol Inf Ariful Mutaqin mengatakan, data penanggulangan buta katarak Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami), penderita penyakit katarak di Jawa Tengah masih cukup tinggi, dengan angka kebutaan di Jawa Tengah mencapai 3,7 persen dari total penduduk.

“Penyakit katarak berada pada posisi pertama faktor penyumbang penyebab kebutaan, disusul glukoma, kelainan mata akibat kencing manis dan gangguan kacamata,” katanya, Senin (27/11/2017).

Menyikapi kondisi tersebut, TNI bekerjasama dengan Kemenkes RI dan Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami), dalam rangka Hari Juang Kartika Tahun 2017 melaksanakan bhakti sosial katarak termasuk untuk diwilayah Jawa Tengah dan DIY.

“Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat yang kurang mampu dengan semangat untuk memantapkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat, serta sebagai bagian dari upaya TNI untuk menyukseskan program pemerintah dalam memberantas kebutaan yang disebabkan oleh katarak,” ungkapnya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap dapat mempercepat terealisasinya Operasi Katarak di Indonesia khususnya diwilayah Eks Karesidenan Banyumas dan Pekalongan sebanyak 243 mata. Serta dapat menggerakkan partisipasi dan memberikan dorongan berbagai komponen masyarakat baik unsur pemerintah, LSM, Tokoh Masyarakat serta swasta untuk saling bergotong royong dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat yang kurang mampu.

“Kegiatan ini juga sebagai respon positif bagi kelancaran pelaksanaan kegiatan bhakti sosial operasi katarak ini,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Pangdam IV/Dip menyampaikan bhakti sosial operasi katarak ini dilaksanakan dari tanggal 24 s.d 30 November 2017 secara serentak diseluruh jajaran Kodam IV/Dip yakni di Rumkit Tk II Dr.Soedjono Magelang, Rumkit Tk III Wijayakusuma Purwokerto, Rumkit Tk III Bhakti Wira Tamtama Semarang dan Rumkit Tk IV Dr.Asmir Salatiga.

Sehingga, dapat memberikan pelayanan secara maksimal kepada seluruh masyarakat, kegiatan ini juga melibatkan Babinsa yang bertugas mendapatkan sasaran utama yakni masyarakat penderita katarak yang kurang mampu serta dengan kondisi penglihatan yang buta.

“Kegiatan ini juga untuk membantu masyarakat kurang mampu yang menderita penyakit katarak,” tuturnya.

Menurutnya, perwakilan Babinsa telah mendapat pembekalan materi oleh Tim Kesehatan tentang tata cara dan metode screening kepada calon pasien katarak, sehingga memudahkan dalam proses pelayanan kepada masyarakat penderita katarak.

“Saya sangat mengapresiasi setiap ide, gagasan dan langkah nyata yang dapat meningkatkan kapasitas satuan kita, sehingga mampu selalu hadir dan memberikan manfaat kepada anggota dan keluarganya serta masyarakat,” pungkasnya. (Di2/RN2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.