oleh

Warga Kota Batu Terdampak  Covid-19, Mulai Terima Bantuan NonTunai Rp 1 Juta Setiap KK

News Satu, Kota Batu, Kamis 30 April 2020- Warga kota Batu yang terdampak Covid-19 atau Corona,  Mulai hari ini, Kamis (29/4/2020)  menerima bantuan non tunai  sebesar Rp 1 juta Per Kepala Keluarga (KK). Pemerintah Kota  (pemkot) Batu melalui bank Jatim kali ini  telah menyalurkan bantuan sebanyak 933 KK

Juru bicara Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kota Batu, Muhammad Chori, di Kota Batu mengatakan  bantuan yang diberikan kepada masyarakat kota Batu itu atas dasar  terbitnya SK Walikota Batu nomor 168.45/KEP/422.012/2020 tentang penetapan penerima bantuan sosial tertanggal 28 April 2020.

“Pada tahap pertama disalurkan pada  933 Kepala Keluarga (KK). Rinciannya, yang disalurkan hari ini akan dibagi untuk 294 KK  di tiga kecamatan  di kota Batu,” kata Chori saat dihubungi, Kamis (30/4/2020)

Tiga kecamatan di wilayah kota Batu itu, kata dia adalah  Desa Pesanggrahan sebanyak 126 KK,  Kelurahan Sisir 116 KK, Desa Pandanrejo 36 KK dan Desa Mojorejo 16 KK.

“Jadi bantuan ini berbentuk  non tunai. Langsung melalui pihak bank kepada penerima. Ada 3 jenis non tunai, yaitu melalui rekening, virtual account, melalui kartu atau kupon tanpa rekening,” ujarnya.

Dijelaskan, jumlah besaran nominal yang diterima warga yang terdampak covid-19 di Kota Batu ini sebesar Rp 1 juta per KK selama dua bulan. Jumlah total penerima dana jaring pengaman sosial di Kota Batu sebanyak 30 ribu KK.

Sementara itu Ririk Mashuri, kepala Dinas (Kadis) Sosial Kota Batu mengungkapkan terkait penyaluran dana non tunai yang melibatkan masyarakat, pihaknya selanjutnya akan minta bantua polisi dalam hal pengamanan.

“Hari ini telah berkirim surat kepada Kapolres Batu untuk membantu pemantauan di lapangan terkait penyaluran bantuan tersebut yang secara simbolis dilakukan empat desa dan kelurahan,” Kata Ririk Mashuri

lanjut dia, Dalam suratnya tersebut, Dinsos mengingatkan warga penerima untuk tetap mematuhi prosedur protokol kesehatan,.

“Masyarakat yang terima bantuan harus semisal menggunakan masker, cuci tangan dan menggunakan hand sanitizer. Demikian halnya juga dengan petugas telah menyiapkan diri dengan mengenakan APD yang sudah ditetapkan,” tandasnya. (Wiyono)

Komentar