oleh

Dinkes Bondowoso Dan GAIN Jatim Sosialisakan 10 LMKM

News Satu, Bondowoso, Kamis 13 Februari 2020- Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso bersama dengan GAIN melakukan sosialisasi 10 Langkah Menuju Keberhasilan Menyusui (LMKM), di Hotel Ijen View, Kamis (13/2/2020).

Heru Nogroho Government Advocacy Advisor GAIN Jawa Timur  mengatakan, bahwa pendampingan GAIN ini sudah jadi tahun kedua. Dimana tahun pertama adalah program Emo Demo.

“Tahun ini dengan program 10 LMKM. Berdasarkan laporan, di Bondowoso cakupan ASI eksklusifnya masih kurang. Maka kami dari GAIN membantu meningkatkan cakupan itu,” Jelasnya.

Heru meyampaikan, ada beberapa faktor ibu tidak memberikan ASI pada bayinya. Pertama disebabkan bayi yang baru lahir dipisahkan dari ibunya. Kemudian bisa saja karena ibunya tidak mengetahui, bahwa ASI cukup untuk asupan bayi.

“Target kami dari GAIN adalah tersusunya kebijakan tertulis, baik dari Dinkes maupun RS bahwa dia mendukung ASI eksklusif,” harapnya.

Sementara itu, Asisten I Pemkab Bondowoso, Agung Trihandono mengaku sangat mendukung program ini.

“Progam ini berada di ruang yang sangat diharapkan Pemkab. Ada satu PR di Pemkab, yakni stunting yang menjadi tanggung jawab masyarakat Bondowoso,” paparnya.

Menurutnya, ibu hamil harus mendapatkan pendampingan agar ketika melahirkan bisa menyusui.

“Dan bayi baru lahir tak ada lagi dikasih ASI Formula. Bagaimana jika ASI-nya tidak keluar?. Namun paling tidak ada ruang, yakni pendampingan agar ibu yang melahirkan ASI-nya keluar,” harapnya.

Bahkan pihaknya meminta agar program kesehatan ini, juga dintervensi dari DD (dana desa), khsusnya untuk warga kurang beruntung yang orang hamil.

Hadir dalam kesempatan tersebut, dari Dinkes Jatim, Kadinkes Bondowoso Muhammad Imron, seluruh kepala Puskesmas, ketua dan wakil Penggerak PKK, sejumlah instansi pemerintahan seperti DPMD dan lain sebagainya.

Adapun 10 LMKM dimaksud adalah sebagai berikut:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.