oleh

Belasan Warga Brebes Tertimbun Longsor

News Satu, Brebes, Kamis 22 Februari 2018- Bencana alam tanah longsor kembali terjadi di Pegunungan Lio Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem Kabupaten Brebes, Jawa Tengah (Jateng) Kamis (22/2/2018), akibat kejadian tersebut belasan warga tertimbun.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Brebes, Eko Andalas mengatakan selain korban terluka, ada juga korban jiwa. Namun jumlahnya belum dipastikan karena sedang dilakukan evakuasi terhadap para korban yang tertimbun lelongsoran.

“Kejadian tanah longsor terjadi di wilayah perbukitan Desa Pasir Panjang sekitar pukul 10.00 WIB,” teranganya, Kamis (22/2/2018).

Berdasarkan data sementara, korban meninggal yang sudah ditemukan 5 orang, 14 orang terluka, dan saat ini sedang menjalani perawatan di Puskesmas Bentar Salem. Namun demikian, diduga masih ada warga yang tertimbun material tanah.

“Dari data laporan keluarga yang kehilangan anggota keluarganya sebanyak 18 orang dari warga Desa Pasirpanjang, Desa Bentar, Desa Pabuaran, Desa Ciputih, Desa Salem diwilayah Kec. Salem Kab. Brebes,” bebernya.

Lokasi pergerakan tanah, berada di hutan produksi milik Perhutani BKPH Salem Petak 26 RPH Babakan kurang lebih 1 Hektar. Longsor terjadi akibat curah hujan cukup tinggi yang pada beberapa hari ini diwilayah Salem intensitas hujan cukup deras.

“Longsor itu sendiri menutup akses jalan Provinsi antara Kecamatan Salem menuju Kecamatan Banjarharjo,” ujarnya.

Hingga berita ini diturunkan, tim gabungan TNI dan Polri serta Basarnas beserta warga masih melakukan pencarian korban. Namun karena cuaca dan kondisi medan yang berat serta kondisi tanah masih bergerak, pencarian korban untuk dievakuasi belum dilakukan. Mengingat jalur menuju lokasi tidak bisa dilalui kendaraan, jalan masih tertutup material tanah. (Didi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.