Empat Kali Diguncang Getaran Gempa Membuat Warga Bulukumba Dan Kepulauan Selayar Panik

Empat Kali Diguncang Getaran Gempa Membuat Warga Bulukumba Dan Kepulauan Selayar Panik
Empat Kali Diguncang Getaran Gempa Membuat Warga Bulukumba Dan Kepulauan Selayar Panik

News Satu, Bulukumba, Senin 8 Oktober 2018– Bencana gempa lokal berkekuatan 4,8 Magnitudo dengan lokasi pusat gempa, 5.70 LS 120.67 BT 59 Km, Tenggara, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi-Selatan yang terjadi di kedalaman 10 KM arah tenggara, pada pukul 14:40 Wita, Minggu, (7/10/2018) siang, membuat panik warga. Getaran gempat tersebut juga ikut mengguncang, beberapa Desa, dan Kelurahan di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Setelah empat kali merasakan getaran gempa, warga masyarakat yang mulai panik, kontan berlarian ke luar rumah dan berhamburan ke jalan dengan maksud untuk menyelamatkan diri. Namun demikian, kepanikan warga, bisa segera ternetralisir dan tidak sempat berlangsung lama.

Suasana kepanikan warga baru bisa diredam, setelah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Kepulauan Selayar, Drs. H. Odding Karim, MH, bergerak cepat dan mengambil langkah antisipasi dini untuk menenangkan masyarakat dengan cara menyampaikan himbauan keliling yang dilakukan mulai dari dalam kota Benteng, sampai ke wilayah Kecamatan Bontomate’ne dan Bontosikuyu.

Armada mobil damkar dikerahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk menyampaikan himbauan kepada warga agar tetap tenang, tidak panik, dan tidak gegabah mengambil tindakan pasca terjadinya getaran gempa bumi berkekuatan 4,8 magnitudo yang sempat empat kali dirasakan getarannya oleh warga.

“Kami minta Masyarakat untuk tetap beraktivitas normal seperti hari-hari biasa, dan tidak meninggalkan rumah, ataupun kampung halaman,” katanya, Senin (8/10/2018).

Lebih jauh, Odding Karim juga berpesan kepada warga untuk tidak menyalahgunakan media jejaring sosial dan menyebarluaskan informasi tidak jelas yang dapat berpotensi menimbulkan kepanikan dan keresahan di kalangan warga masyarakat.

“Saya himbau masyarakat tidak menyebarluaskan informasi tidak jelas yang dapat berpotensi menimbulkan kepanikan dan keresahan di kalangan warga masyarakat,” tandasnya.

Dalam kegiatan pengumuman keliling yang dilaksanakan, mulai dari pukul 16.00 hingga 21.30 wita tersebut, Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar, menyampaikan arahan kepada warga, bahwa getaran gempa yang terjadi pada kedalaman 10 km, arah tenggara Kabupaten Bulukumba tidak akan berpotensi tsunami. (fadly syarif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.