oleh

Dinas PMD Bondowoso Gelar Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa

News Satu, Bondowoso, Rabu 10 Mei 2017- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bondowoso, Jawa Timur (Jatim), melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) perencanaan pembangunan Desa, pengelolaan keuangan Desa, serta pelaporan Kepala Desa, yang dilakukan di Kecamatan Jambesari Darus Sholah Rabu 10/05/2017. Hal itu dilakukan agar sistem pemerintahan desa, mulai perencanaan, pengelolaan keuangan, serta pelaporan Kepala Desa harus lebih baik.

“Kita ini belajar bersama bagaimana apa yang menjadi persoalan di desa bisa kita pecahkan bersama. Dan desa mampu berinovasi dalam menjalankan sistem pemerintahan desa,” kata Sekretaris DPMD Bondowoso, HM. Asnawi Sabil.

Selain itu, pihaknya juga ingin mengetahui sejauh mana memahami para perangkat Desa dalam melakukan perencanaan dan pengelolaan keuangan Desa. bahkan pihaknya Dinas PMD melakukan pra test dan post tes bagi oprator, bendahara, dan Kasi Perencanaan.

“Untuk mengetahui sejauh mana kemampuan desa dalam perencanaan, pengelolaan keuangan desa, sehingga nantinya desa kedepan benar-benar merencanakan pembangunan desa sesuai dengan amanat UU Desa,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu peserta Bimtek, Doni Prasetyo, mengungkapkan Bimbingan Teknis yang dilakukan dengan pola pre test dan post test ini merupakan cara baru yang diharapkan oleh desa untuk lebih memahami perencanaan pembangunan desa.

“Bimtek kali ini tentu sangat baik, sehingga para pelaku perencanaan pembangunan desa lebih mudah memahami, serta lebih fokus dan lebih detail dalam memahami perencanaan pembangunan desa. Dan kami yakin sistem perencanaan desa tahun depan pasti sesuai dengan yang diharapakan oleh pemerintah,” katanya.

Dalam acara Bimbingan Teknis (Bimtek) tersebut diikuti oleh Oprator, Bendahara, dan Kasi Perencanaan Desa se Kecamatan Jambesari Darus Sholah. Dan acara tersebut pertama kali dilakukan yang merupakan Pailot Projek DPMD Bondowoso.

Dalam acara tersebut hadir pula Kepala Kecamatan, Mohammad Taufan, Sekretaris DPMD, HM. Asnawi Sabil, Kasi Pemberdayaan dan Desa, Lukman, Kasi Sarana Prasaran, Deni Indra Pratama, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa. (Bar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.