News Satu, Sumenep, Sabtu 25 Maret 2017- Fenomena equinox yang akan terjadi dalam beberapa hari kedepan membuat Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, meminta masyarakat waspada dan rutin menjaga kesehatan. Sebab, jika tidak menjaga kesehatan dengan baik, fenomena alam tersebut akan membuat kondisi tubuh drop dan mudah terserang penyakit.

“Sekarang ini terjadi fenomena alam, jika tidak menjaga kesehatan dengan baik maka akan membuat kondisi kesehatan kita drop,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, dr Fatoni, Sabtu (25/3/2017).

Ia menjelaskan, fenomena equinox merupakan salah satu fenomena astronomi dimana matahari melintasi garis khatulistiwa. Saat peristiwa ini berlangsung, kondisi cuaca atau suhu udara di bumi meningkat drastis hingga 40 derajat celcius. Menurutnya, kondisi panas yang menyengat itu dapat membuat masyarakat kehilangan cairan atau dehidrasi.

“Kalau keluar rumah dianjurkan memakai penutup kepala dan banyak mengkonsumsi air,” tambah Fatoni.

Selain itu, mantan kepala Puskesmas Ambunten ini menambahkan, kondisi cuaca dalam beberapa hari terakhir tidak menentu antara panas dan hujan. Kondisi cuaca yang cepat berubah-ubah ini harus diantisipasi dengan cara mengkonsumsi makanan sehat agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

“Sekarang itu kondisi cuaca sering berganti-ganti. Sebentar panas, sebentar kemudian hujan. Ini cukup berbahaya bagi kesehatan, jika kekebalan tubuh kita kurang fit, maka akan membuat kita mudah terserang penyakit,” jelas Fatoni.

Namun meski demikian, Fatoni meminta masyarakat meminta masyarakat tidak perlu khawatir dan panik. Sebab, jika rutin menjaga kesehatan dengan cara berolahraga dan banyak mengkonsumsi buah dan sayur, dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

“Kuncinya adalah menjaga kesehatan dengan baik. Kalau sistem kekebalan tubuh kita kuat, maka maka tidak akan mudah terserang penyakit,” pungkasnya. (Ozi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.