oleh

Ratusan Media Cyber Deklarasi Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Jatim

News Satu, Surabaya, Sabtu 22 April 2017- Para pelaku media khususnya yang berada di wilayah Provinsi Jawa Timur hari ini berkumpul di kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, jalan Absari, Surabaya. Mereka secara resmi melakukan deklarasi pendirian Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Jawa Timur, Jumat (21/4/2017). Dalam kesempatan itu, pemilik yang juga merupakan Pimpinan Redaksi (Pimred) newssatu.com, Roni Hartono, didaulat sebagai koordinator wilayah Madura.

Sedangkan yang dipercaya sebagai ketua SMSI Jatim diberikan kepada Eko Pamuji, sekretaris PWI Jatim, yang saat ini aktif di media duta.co. Selain melakukan deklarasi, dalam kegiatan yang diprakarsai oleh PWI Jawa Timur itu juga dilakukan sosialisasi terkait keberadaan Serikat Media Siber Indonesia.

Ketua PWI Jatim, Mohammad Munir, mengatakan, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) merupakan salah satu serikat perusahaan yang bergerak di bidang pemberitaan media cyber yang diinisiasi oleh PWI. Selain itu, keberadaan SMSI ini sebagai salah satu tujuan dan prasyarat untuk verifikasi media yang berfungsi sebagai lembaga advokasi dan melakukan pembinaan kepada para pengelola media cyber.

“Jadi SMSI ini berfungsi sebagai lembaga advokasi dan melakukan pembinaan bagi pengelola media cyber yang sudah dikelola sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) yang berbadan hukum,” kata ketua PWI Jawa Timur, Mohammad Munir, Sabtu (22/4/2017).

Ia menjelaskan, orang yang berhak menjadi anggota SMSI harus pemilik media atau orang yang diberikan wewenang oleh media untuk menjadi anggota. Hal itu sesuai dengan aturan dan spirit SMSI yang ingin menampung media online yang profesional.

“Yang berhak menjadi anggota hanya pemilik media atau orang yang ditunjuk oleh media bersangkutan,” ujar pengurus pusat SMSI ini.

Ia menambahkan, keberadaan media syber di Indonesia saat ini sangat banyak dan sulit dikontrol. Sehingga keberadaan SMSI ini dipandang perlu untuk menjadi wadah bagi media syber yang sudah ditetapkan oleh Dewan Pers.

“Media online saat ini sudah merebak. Makanya kita bentuk SMSI sebagai wadah para media syber yang sudah ditetapkan oleh Dewan Pers,” pungkasnya. (Ozie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.