oleh

Ini Penyebab Kematian Ibu Di Lumajang

News Satu, Lumajang, Selasa 30 Januari 2018- Untuk menekan tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Jatim), Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat melakukan pelatihan para tenaga medis yang bertugas di Puskesma. Dalam pelatihan manajemen tersebut, para petugas diberi bekal dalam penanganan medis terhadap pasien terutama bagi kaum hawa yang menjalani persalinan.

Sebab angka kematian ibu di negara Indonesia ini masih cukup tinggi. Ada beberapa faktor yang menyebakan ibu meninggal dunia saat melahirkan diantaranya, pendarahan, hipertensi dan infeksi.

“Pada pelatihan ini ada 50 tenaga medis yang diberi bekal dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas. Sehingga kedepannya pelayanan di Puskesmas lebih baik lagi dan angka kematian ibu juga menurun,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Lumajang, dr. Bayu Wibowo, IGN, Selasa (30/1/2018).

Ia mengatakan, para peserta tidak hanya diberi bekal manajemen pelayanan kesehatan saja, melainkan mereka juga dituntut untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas masing-masing. Sehingga pada saat masyarakat datang ke puskesmas tidak lagi mengeluhkan pelayanan melainkan merasa nyaman dan cepat ditangani oleh petugas medis.

“Pelayanan puskesmas harus lebih ditingkatkan dan masyarakat tidak lagi mengeluh,” ujarnya.

Dalam pelatihan manajemen pelayanan kesehatan ini, Dinas Kesehatan menghadirkan pengelola program pelayanan darah UTD PMI Lumajang, dr. Halimi Maksum, MMRS, Yun Kendro Budiyadi, S.AP, Anis Mufarida,Trio Abdul Wahab dan Supriyono. (Wan)

Komentar