oleh

Musrembang Kecamatan Lotu Dibuka Bupati Nias Utara

News Satu, Nias Utara, Selasa 20 Februari 2018- Pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan Lotu, Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara (Sumut) tahun 2018 dibuka secara resmi oleh Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara, Kegiatan tersebut  dilaksanakan di Aula Kantor Kecaamtan yang dimulai dari tanggal 19-20 Februari 2018.

Musrenbang tingkat Kecamatan Lotu yang dilaksanakan pada hari ini merupakan lanjutan hasil daripada pelaksanaan Musrenbang di tingkat desa, yang mana masing-masing dari 13 Desa se-Kecamatan Lotu telah selesai melaksanakan Musrenbang dan hasil dari Musrenbang di tingkat desa.

“Kemudian hasil tersebut akan dibahas di tingkat kecamatan untuk ditetapkan sebagai skala prioritas pembangunan Kecamatan,” kata Bupati Nias Utara, M. Ingati Nazar, Selasa (20/2/2018).

Ia mengatakan, Bahwa Kecamatan Lotu merupakan barometernya Kabupaten Nias Utara, untuk itu perlu dirumuskan langkah-langkah pembangunan tahap demi tahap.

“Secara berkesinambungan dan terprogram dengan baik sehingga kedepan wajah Ibu Kota Kabupaten Nias Utara akan tertata dengan baik,” ujarnya.

Oleh karena itu adanya kerjasama dan dukungan penuh dari masyarakat se-Kecamatan Lotu dalam hal pelaksanaan normalisasi sungai pada masa yang akan datang, sehingga kejadian banjir yang sering terjadi pada saat hujan deras di Kecamatan Lotu dapat segera teratasi.

“Saya harap seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Lotu agar menyesuaikan program pembangunan desa seiring dan searah dengan visi misi pemerintah daerah,” ucapnya.

Pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan Lotu Kabupaten Nias Utara tahun 2018, sesuai UU Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Peraturan Kementerian Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 yang mengamanatkan bahwa dalam proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan perlu mengikutsertakan seluruh komponen masyarakat dalam bentuk forum antar pemangku kepentingan atau forum perencanaan pembangunan (Musrenbang).

“Tujuan Musrenbang Kecamatan adalah untuk yakni membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan Desa yang   menjadi kegiatan prioritas pembangunan diwilayah Kecamatan Lotu guna diusulkan kepada OPD terkait dalam rangka Penyusunan Rancangan Renja OPD,” pungkasnya.

Membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan diwilayah Kecamatan Lotu yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembagunan Desa/Kelurahan, merumuskan kegiatan prioritas pembangunan diwilayah untuk dijadikan prioritas yang pertama, kedua dan seterusnya.

Program kegiatan dimaksud akan menjadi bahan masukan untuk menyempurnakan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2019, sinkronisasi agenda dan prioritas pembangunan Kecamatan dengan program prioritas Pemerintah Daerah untuk dituangkan dalam Rancangan Rencana Kerja (Renja) OPD tahun 2019 yang akan datang.

“Pelaksanaan Musrenbang ini dapat menjadi media interaktif bagi seluruh pemangku kepentingan dalam mencapai pembangunan yang berkualitas, transparan dan akuntabel sehingga dapat menghasilkan rumusan berbagai program kegiatan prioritas Kecamatan yang bersinergi dengan program Pemerintah Daerah sebagimana dalam rancangan awal RKPD Kabupaten Nias Utara tahun 2019,” imbuhnya. (N. Zega)

Komentar