oleh

Pemkab Nias Utara Ikuti Pekan Raya Sumatera Utara

News Satu, Nias Utara, Kamis 22 Maret v2018- Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) dengan tema “Mari Jadikan Provinsi Sumatera Utara sebagai Destinasi Investasi, Pariwisata dan Perdagangan, resmi dibuka.

Dalam pembukaan PRSU 2018 ini menampilkan berbagai potensi Sumut baik itu pertanian, industri, serta pariwisata. Belum lagi sederet artis Nasional sebagai pengisi panggung hiburan, seperti Govinda, Sheila On7, New Trio Macan, Tipe-X, dan Wali. Belum lagi artis lokal Sumut, band musik, ada DJ Competition, Stand Up Comedy Competition.

Event kebanggaan masyarakat Sumut, berbagai penyempurnaan pun dilakukan pada PRSU. Dari mulai security parking, toilet yang dikelola dengan profesional, hingga tiket yang menggunakan sistem barcode, panggung Keong bernuansa warna-warni, tata panggung dan sound system-nya modern tanpa melupakan sisi tradional yang menonjolkan kultur dari Sumut.

“Event yang diadakan sejak tahun 1972 ini secara khusus bermanfaat bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang berkembang di wilayah Sumut,” kata Gubernur Sumut Dr. Ir.. H. Tengku Erry Nuradi,Msi, Kamis (22/3/2018)

Para pelaku usaha bisa memasarkan produknya dengan baik di PRSU, mereka mendapatkan investor sebanyak-banyaknya. Sehingga perekonomian Sumut ikut terdongkrak. Objek-objek wisata di Sumut juga dapat diekspos dengan lebih lagi melalui PRSU.

“Ini juga membuka kesempatan bagi pertambahan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman). Warga Sumut patut berbangga hati karena di Indonesia hanya ada dua pekan raya. Yang pertama Pekan Raya Jakarta (PRJ) di ibukota. Satunya PRSU di Medan,” ujarnya.

Dalam PRSU Sumatera Utara ini, Kabupaten Nias Utara ambil bagian dalam memeriahkan PRSU tahun ini, dengan mengisi Pavilium dan menampilkan alat-alat tradisional seperti Keroncong, Lesung (Lesu+halu), Biola, Afore, Tombak (toho) dan Gaolo Gai,  Hasil kerajinan tangan Binaan Dekranasda Kab. Nias Utara  seperti seperti Rawa-rawa, Tampi Beras (Niru), Tikar (tufo), Bola-bola, Tapla Meja (Manik-manik), Tempat Aqua (Manik-manik), Tempat Tisu (Manik-manik), Tas Tali Kur dan meniatur Rumah Adat Kabupaten Nias Utara, Pakaian Adat,  Kekayaan laut, bibit unggul hasil Pertanian dan berbagai hasil kerajian lainnya.

“Kami menampilkan beberapa alat-alat tradisional dalam PRSU Paten ini,” kata Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara.

Untuk mengisi panggung utama PRSU menampilkan atraksi Seni dan Budaya dengan mengusung tema “ Famolo Fersi Nias Utara”  dengan atraksi seperti Famolo, Kahe-kahe, Humbolo/Lailo, Maena Kreasi Baru dll, yang akan ditampilkan sesuai jadwal pada tanggal 29 Maret 2018 pukul 18.00 wib di Panggung Keong PRSU Medan

Pembukaan Pekan Raya Sumatera Utara dihadiri oleh Gubernur Sumut Dr. Ir.. H. Tengku Erry Nuradi,Msi dan Ibu, Wakil Gubernur Sumut Dr. Hj. Nurhajizah Marpaung, SH,MH, Rombongan Konsul Negara tetangga, Ketua dan Anggota DPRD Sumut, Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara dan ibu, dan Para Kepala Daerah se-Kepulauan Nias, rombongan staf ahli Kementerian Pariwisata bidang Multikurtural, BUMN dan BUMD dan seluruh Wali Kota dan Bupati se-Sumatera Utara, undangan dan peserta dari seluruh Kabupaten/Kota di wilayah Sumatera Utara, yang dilaksanakan pada tanggal 16 Maret 2018 s/d 16 April 2018 di Medan Sumatera Utara. (N. Zega)

Komentar