oleh

Pemkab Nias Utara Ikuti PRSU Paten Sumatera Utara

News Satu, Nias Utara, Jumat 16 Maret 2018- Pemerintah Provinsi Sumatera Utara pada tahun 2018, akan menyelenggarakan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU)  sejak tanggal 16 Maret hingga  16 April 2018  di Tapian Daya, Jln. Gatot Subroto Medan. Kegiatan tersbeut merupakan acara rutin tahunan dalam Perayaan Sumut ke-47.

PRSU merupakan event tahunan kebanggaan Sumatera Utara yang akan menampilkan berbagai lomba, Pameran Produk Lokal, Acara spesial, Pertunjukan Musik, Malam Budaya, Acara Wisata dan Kranaval dari 33 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara, Pulau Pinang Malaysia, BUMN dan BUMD serta Kuliner.

Pada tahun 2018 ini, temanya “PRSU Paten, Mari Tingkatkan Investasi, Pariwisata dan Perdagangan di Provinsi Sumatera Utara, dengan tujuan meningkatkan Perekonomian dan Daya Saing Provinsi Sumatera Utara,  sehingga dapat memberikan kesejahteraan kepada seluruh masyarakat Sumatera Utara.

“Peresmian Pembukaan PRSU direncanakan akan dibuka Gubernur Provinsi Sumatera Utara, DR. Ir. Tengku Erry Nuradi, M.Si, serta Peresmian Pavilium Kabupaten Nias Utara yang telah selesai dibangun tahun 2017 yang dilaksankan pada hari Minggu (18/3/2018),” kata Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara, Jumat (16/3/2018).

Dalam PRSU Sumatera Utara ini, Kabupaten Nias Utara ambil bagian dalam memeriahkan PRSU tahun ini, dengan mengisi Pavilium dan menampilkan alat-alat tradisional seperti Keroncong, Lesung (Lesu+halu), Biola, Afore, Tombak (toho) dan Gaolo Gai,  Hasil kerajinan tangan Binaan Dekranasda Kab. Nias Utara  seperti seperti Rawa-rawa, Tampi Beras (Niru), Tikar (tufo), Bola-bola, Tapla Meja (Manik-manik), Tempat Aqua (Manik-manik), Tempat Tisu (Manik-manik), Tas Tali Kur dan meniatur Rumah Adat Kabupaten Nias Utara, Pakaian Adat,  Kekayaan laut, bibit unggul hasil Pertanian dan berbagai hasil kerajian lainnya.

“Kami menampilkan beberapa alat-alat tradisional dalam PRSU Paten ini,” pungkasnya.

Untuk mengisi panggung utama PRSU menampilkan atraksi Seni dan Budaya dengan mengusung tema “ Famolo Fersi Nias Utara”  dengan atraksi seperti Famolo, Kahe-kahe, Humbolo/Lailo, Maena Kreasi Baru dll, yang akan ditampilkan sesuai jadwal pada tanggal 29 Maret 2018 pukul 18.00 wib di Panggung Keong PRSU Medan.

Kepada seluruh masyarakat Kepulauan Nias baik yang ada di daerah maupun di luar Kepulauan Nias dukung terus, turut serta meramaikan dan memeriahkan Pesta Rakyat ini, yang  menjadi warisan budaya kepada generasi kita khususnya di Kabupaten Nias Utara, Kepulauan Nias dan umumnya di Sumatera Utara, sehingga kelak atraksi Budaya Nias akan dilirik Pemerintah Pusat sebagai event yang baik  dan dapat diunggulkan. (N. Zega)

Komentar