oleh

Tingkatkan Ekonomi, Pemkab OKI Bentuk BUMD Pariwisata

News Satu, OKI, Senin 6 Agustus 2018- Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) berkomitmen ingin membangkitkan kembali dan mengembangkan sektor pariwisata yang dimiliki seperti Danau Teluk Gelam, Danau Teloko, Pulau Maspari maupun lainnya melalui badan usaha milik daerah (BUMD), sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga sumber pendapatan asli daerah (PAD).

Pariwisata pada masa kini sering kali dipersepsikan sebagai mesin penggerak ekonomi, bahkan sumber penghasil devisa bagi pembangunan daerah tempat destinasi pariwisata tersebut berada. Terlebih lagi jika pengelolaan kepariwisataan di destinasi wisata itu dapat dilaksanakan dengan baik dan berkelanjutan.

Penggunaan bahan dan produk lokal pada proses pelayanan di bidang pariwisata akan juga memberikan kesempatan kepada industri lokal untuk berperan dalam penyediaan barang dan jasa. Dengan demikian, pembangunan kepariwisataan juga akan memberikan manfaat bagi masyarakat dan pemerintahan sehingga sejahtera dan lebih maju.

Maka dalam rangka pelaksanaan kegiatan pembinaan BUMD, dalam hal ini PD Bende Seguguk agar mampu melaksanakan perannya dengan baik, Pemkab OKI melalui Sekretaris Daerah (Sekda) H Husin S.Pd, MM mengutus tim Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) OKI melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Badung Provinsi Bali.

Kenapa demikian?, karena Kabupaten Badung merupakan salah satu kabupaten yang telah berhasil melaksanakan pengelolaan kepariwisataan dengan baik serta berkelanjutan sehingga lebih dari 90 persen PAD kabupaten tersebut diperoleh dari sektor ini. Yakni melalui retribusi pajak hotel dan restoran (PHR), serta sarana akomodasi pariwisata yang dimilikinya.

“Pariwisata yang menjadi andalan PAD Kabupaten Badung ini mampu meningkatkan APBD mereka hingga Rp8 triliun pertahun, bahkan mengalahkan Provinsi Sumatera Selatan. Oleh Karena itu, kita mencari info tentang pengembangan pariwisata melalui BUMD disana.” kata Kepala Bagian Perekonomian Setda OKI Ari Iskandar, Senin (6/8/2018).

Ari melanjutkan, kedatangannya disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Pariwisata mereka. Bahkan kerjasama dan dana bantuan untuk pengembangan pariwisata di Kabupaten OKI.

“Dana bantuan yang ditawarkan pun cukup besar, tinggal lagi apakah kita siap menerima tawaran mereka,” pungkasnya. (Hasan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.