Pemkab OKI Kedepankan Pencegahan Kebakaran Hutan

News Satu, Ogan Komering Ilir, Kamis 6 Februari 2020- Upaya pencegahan dikedepankan dalam rangka penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Ogan Komering Ilir pada musim kemarau 2020. Semua elemen diminta terlibat aktif pada upaya bersama tersebut.

“Kalau dulu semangatnya adalah keroyokan, tahun ini tetap sama tapi fokus kita adalah pencegahannya,” Ujar Bupati OKI, H. Iskandar, SE, usai menghadiri undangan presiden RI dalam rangka Rakornas Karhutla 2020 di Istana Negara Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Sekecil apapun upaya dari setiap elemen masyarakat ujar Iskandar akan dioptimalkan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan.

“Sesuai arahan presiden agar mengaktifkan infrastruktur sampai ke tingkat desa untuk memastikan bahwa tidak ada api yang timbul, begitu ada langsung dipadamkan jangan sampai membesar,” kata Iskandar yang hadir bersama Dandim 0402 OKI, Letkol. CZI, Zamroni, S. Sos, dan Kapolres OKI, AKBP. Donni Eka Saputra

Baca Juga :  Bupati Ogan Komering Ilir Ingin Sambungkan Kawasan Sentra Pangan

Rakornas tersebut turut dihadiri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, Menkopolhukam Mahfud MD, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, beserta jajaran menteri pada Kabinet Indonesia Maju lainnya serta seluruh Gubernur dan Bupati/Walikota se Indonesia.

Para kepala daerah yang diundang diminta menyiapkan laporan secara tertulis dan disampaikan kepada Menko Polhukam. Pada rakor tersebut Presiden Jokowi  menegaskan untuk seluruh jajarannya agar Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) ini tidak terjadi lagi pada kawasan yang rawan Karhutla

Presiden mengatakan, pertemuan ini penting dilakukan untuk mengantisipasi karhutla khususnya memasuki musim kemarau.

Baca Juga :  Bupati OKI Ajak Satgas Dalkarhutbunlah Tetap Siaga

“Ini pekerjaan rutin yang kita hadapi dari tahun ke tahun dan setiap akan memasuki bulan kemarau, kita selaku berkumpul di sini,” katanya.

Kepala Negara juga menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat dalam pengendalian karhutla. Ia mengapresiasi kerja keras yang dilakukan mereka.

“Saya ingin sampaikan ucapan terimakasih sebesar-besarnya atas kerja keras dalam menangani karhutla di daerah,” pungkasnya. (Hasan)

Komentar