oleh

Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2020, Teguhkan Semangat Persatuan dan Kesatuan

News Satu, Ogan Komering Ilir, Jumat 2 Oktober 2020- Bupati dan Wakil Bupati Ogan Komering Ilir, H. Iskandar, SE dan H. M. Dja’far Shodiq mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2020 yang dipimpin langsung oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo dan dilaksanakan secara virtual, disiarkan langsung dari Monumen Pancasila Sakti, Kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Dalam upacara hari kesaktian pancasila tahun ini, Ketua MPR RI H. Bambang Soesatyo, SE, M.B.A diamanahkan untuk membacakan teks pancasila, sedangkan untuk teks Pembukaan Undang Undang Dasar 1945 dibacakan oleh Ketua DPD RI Ir. La Nyalla Mattalitti. Sementara itu,

Ketua DPR RI, Dr. (H.C) Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi membacakan dan menandatangani Ikrar, serta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P sebagai pemimpin doa.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila merupakan agenda tahunan yang bertujuan untuk memperingati peristiwa G30S/PKI yang menewaskan para Jendral di tahun 1965, dan mereka yang kemudian disematkan predikat sebagai Pahlawan Revolusi.

Ketua DPR RI, Puan Maharani dalam Ikrar yang dibacakan menyampaikan “Kami yang melaksanakan upacara ini menyadari sepenuhnya kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri,” ujarnya.

Rongrongan yang dimaksud Ketua DPR RI tersebut, dimungkinkan karena kurang waspadanya bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara.

“Dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila kami bulatkan tekad untuk mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI,” tambahnya.

Turut hadir pada upacara peringatan hari kesaktian Pancasila secara virtual tersebut Ketua DPRD Kab. OKI, H. Abdiyanto Fikri, SH, MH; Dandim 0402/OKI, Letkol Czi Zamroni, S.Sos; Wakapolres OKI, Kompol. Yudha Widyatama S.I.K; Sekda OKI, H. Husin, S.Pd, MM, para Asisten Setda dan Staf Ahli Bupati serta Kepala OPD terkait. (Hasan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.