Pilkades Serentak, Tiga Desa Di Pamekasan Rawan Konflik

News Satu, Pamekasan, Rabu 4 Oktober 2017- Pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades serentak di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, akan dilaksanakan hari Rabu (11/10/2017), dari 13 desa di 6 kecamatan tiga (3) diantaranya rawan konflik dalam proses. Ketiganya yakni Desa Pademawu Barat, Kecamatan Pademawu, Desa Palengaan Laok, Kecamatan Palengaan, serta Desa Pangbatok, Kecamatan Proppo, yang dinilai berpotensi terjadi gejolak.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Ahmad Faisol mengatakan, tiga desa itu sebelumnya memang sudah muncul berbagai polemik, khususnya saat tahapan pra pelaksanaan pilkades.

“Permasalahan di tiga desa itu karena adanya gejolak yang terjadi selama tahapan pra pelaksanaan pilkades. Di Desa Pangbatok, dua bakal calon digugurkan dan membuat para pendukung kecewa. Termasuk juga di Palengaan Laok, dimana salah seorang calon digugurkan karena ada indikasi ijazah palsu,” ungkapnya, Rabu (4/10/2017)

Pihaknya berharap proses pelaksanaan tetatp berlangsung aman dan lancar, sekalipun sempat terjadi persoalan di tahapan pelaksanaan.

Sementara, Kapolres Pamekasan AKBP Nowo Hadi Nugroho, SH. SIK menegaskan paska Pelaksanaan Simulasi PAM Pilkades 2017, ada 13 titik Desa di 6 kecamatan, dan dalam Pelaksanaan Pilkades tersebut pihaknya sudah menyiapkan 1500 unit Personil termasuk BKO dari instansi samping maupun dari Brimob.

“Dalam hal ini tidak ada pengecualian, semua kita anggap rawan. Itu akan tetap menjadi atensi kami untuk selalu menjaga kondusifitas, keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan,” tegasnya.

Tidak hanya itu, pihaknya menilai Pilkades ini merupakan suatu proses pelaksanaan antar calon yang tentunya ada senacam adu gengsi diantara calon. Pada adu gengsi antara para calon ini yang banyak kerawanan-kerawanan yang lebih tinggi karena ini kami melakukan antipasi.

“Kalau kita berfikir tidak ada yang rawan, kewaspadaan kita hilang. Sehingga dalam proses pengamanan ini kita anggap rawan dan kita harus selalu maksimal,” jelasnya.

Pelaksanaan Pilkades Serentak 2017 yang akan di gelar di 13 Desa dari 6 Kecamatan, di antaranya Kecamatan Pademawu, Kecamatan Proppo, Kecamatan Palengaan, Kecamatan Pasean dan Kecamatan Batumarmar. (Ipul)

Komentar