oleh

Dinas Kesehatan Pamekasan dan Puskesmas Teja Uji Laik Hygiene Sanitasi di Dapur Lapas Sustik Pamekasan

News Satu, Pamekasan, Kamis 10 Juni 2021- Petugas khusus dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan Jawa Timur dan Puskesmas Teja mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Pamekasan. Itu guna menindaklanjuti permohonan Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi dan Makanan Lapas khusus narkotika setempat, Kamis pagi (10/6/2021).

Kedatangan Dinas Kesehatan Pamekasan dipimpin oleh Kasi Kesmas Riski Samlan beserta rombongan memang khusus melukukan uji sertifikasi kebersihan dapur setempat. Tak ayal, disambut langsung Kalapas Narkotika Pamekasan Sohibur Rachman di ruang Kerja Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan.

Semua dilakukan sesuai imbauan Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi Direktur Jenderal Pemasyarakatan kepada seluruh UPT Pemasyarakatan untuk mensertifikasi usaha pengelolaan makanan yang dilakukan. Terutama oleh dapur LPAS, LPKA, Rutan dan Lapas, untuk upaya pengendalian faktor resiko kontaminasi terhadap makanan yang disajikan kepada Anak, Tahanan dan Narapidana.

“Jadi, seluruh usaha yang berkaitan bidang jasa boga, rumah makan, dan kantin sekolah kami awasi dan wajib memenuhi standar layak sehat sebagai upaya memenuhi standar yang aman dan untuk Lapas ini pertama kalinya bagi kami untuk melakukan pengawasan dan penilaian, tutur Dr Nur Faidah Utami, Dokter Lapas Sustik di sana.

Dr. Nur Faidah Utami menyebutkan ada beberapa aspek yang menjadi penilaian Hygiene Sanitasi untuk mendapatkan Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi. Pertama pangan, kedua penjamah (penanganan makanan), lalu ketiga tempat atau bangunan dan peralatan.

“Kegiatan dilanjutkan dengan meninjau langsung keadaan Dapur Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan oleh Tim Inspeksi Dinkes Pamekasan,” ungkapnya pada media.

Sementara Kasi Kesmas Riski Samlan mengapresiasi upaya yang dilakukan. Dan menegaskan Lapas Narkotika Pamekasan sudah layak untuk mendapatkan Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi dan Makanan.

“Setelah meninjau langsung keadaan dapur dan air, Lapas Narkotika Pamekasan sudah sangat layak mendapatkan sertifikat tersebut dengan sarana prasarana yang ada. Hanya hasilnya masih menunggu hasil pemeriksaan air Lapas Narkotika Pamekasan” pungkasnya. (Yudi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.