Gladak Anyar Dianugerahi Kelurahan Berseri 2022 oleh Gubernur Jatim

News Satu, Pamekasan, Selasa 13 September 2022- Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, semakin menunjukkan prestasi dan inovasi di khalayak. Pasalnya tercatat ada dua kelurahan di Kecamatan Pamekasan yang meraih penghargaan Desa/Kelurahan Bersih dan Lestari (BERSERI).

Hal ini diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Jatim International Expo Convention Exhibition, pada Senin (12/09/22) kemarin. Tak ayal jika Lurah Gladak Anyar dan Lurah Barurambat Kota Kecamatan Pamekasan menghadiri acara prestisius itu.

Sesuai informasi dari pemerintah daerah, Kelurahan Gladak Anyar mendapat penghargaan Desa/Kelurahan Berseri Kategori Mandiri. Sedangkan untuk Kelurahan Barurambat Kota menang di kategori Pratama.

Bagus Irawan Ainul Nizhar, Lurah Gladak Anyar Kecamatan Pamekasan kepada media, jelaskan penghargaan ini fokus ke arah program pengelolaan sampah di Kelurahan. Jadi sudah selayaknya kedua kelurahan yang getol mengelola sampah kota tersebut masuk dalam predikat juara untuk tahun ini.

“Jadi penilaian tahun ini fokus ke arah program pengelolaan sampah, jadi program yang kita yang naikan TPS-3R, Bank Sampah, Komposter, dan pencacahan sampah organik jadi pupuk organik,” terangnya.

Sebelumnya memang dengan bertahap, berbagai proses penilaian dilalukan secara bertahap di setiap tahunnya. Untuk kategori Pratama, Kelurahan yang mengikuti penilaian ditargetkan untuk menyiapkan 2 titik penilaian. Dilanjutkan di tahun berikutnya kategori Madya dengan 3 titik penilaian hingga kategori Mandiri dimana Desa/Kelurahan ditargetkan menyiapkan 4 titik penilaian.

“Jadi proses awalnya kita upload data dan gambar termasuk program terkait 4 titik pantau Kelurahan, kemudian bulan Mei kemarin ditinjau oleh DLH Provinsi,” tambahnya.

Kedepannya Dia berharap dengan diraih penghargaan ini, bisa memotivasi Desa/Kelurahan lain di Pamekasan untuk mengikuti penilaian serupa. Selain itu, diharapkan warga di Kelurahan Gladak Anyar bisa mempertahankan prestasi yang telah diraih. (Yudi)