Tas Batik Produk WUB, Jadi Souvernir Khas Sosialisasi DBHCHT di Pamekasan

News Satu, Pamekasan, Kamis 16 September 2021- Ada yang menarik dalam setiap sesi pelaksanaan sosialisasi ketentuan peraturan perundang-undangan tentang Cukai yang digelar selama ini oleh Pemerintah Kabupaten Pamekasan Jawa timur. Pasalnya, dalam catatan fasilitas bagi para peserta yang terdiri dari berbagai perwakilan dari tiap desa ada tas bermotif batik.

Menurut Achmad Zainullah, Kasubbag Perencanaan Umum dan Kepegawaian Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa atau DPMD setempat, sengaja pihaknya menggunakan tas produksi lokal. Pasalnya, itu merupakan hasil produksi para Wira usaha baru atau WUB Besutan Pemkab dibawah inisiasi Bupati Pamekasan H Baddrut Tamam.

Selain itu, pertimbangan teknis lainnya, yakni pihaknya mengacu pada arahan hasil asistensi pada Bagian Perekonomian Sekda Provinsi Jatim, yang harus upayakan optimalisasi potensi daerah.

“Jadi nilai kapital yang dikeluarkan tidak lari keluar daerah dan bisa dimanfaatkan untuk industri lokal sendiri,” ungkapnya, Kamis (16/9/2021).

Berdasarkan itu semua, lalu diawal persiapan pelaksanaan sosialisasi yang bersinergi dengan Bea Cukai Madura itu, pihak panitia langsung tunaikan. Yakni, berkoordinasi dengan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja atau DPMPTSP Naker untuk data WUB yang memproduksi tas tersebut.

“Dari situ dipilihlah Tas produksi Samsul seorang WUB dari Bujur Barat kecamatan Batu Marmar. Jadi awalnya memang terkejut dan segera kerja keras membuat tas sovenir untuk program tersebut,” tambahnya.

Tak tanggung-tanggung Pemkab Pamekasan memesan sebanyak 650 tas berwarna hitam dan bermotif batik itu. Tentunya anggaran yang dipakai memang dari pemanfaatan DBHCHT atau Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau yang dikelola oleh DPMD untuk sosialisasi 2021.

“Kesemuanya untuk peserta sosialisasi cukai rokok di setiap pertemuan. Alhamdulillah, kwalitas bersaing dengan tas pabrikan yang ada,” tukasnya.

Kedepan diharapkan, para wirausahawan itu bisa terus meningkatkan kwalitas tasnya. Semua agar bisa mengangkat kesejahteraan masyarakat setempat melalui kreatifitas dan inovasi berkearifan lokal.(Yudi)

Komentar