Awan Panas Gunung Semeru Keluar Lagi, Relawan Mundur Berlarian Menjauh

News Satu, Probolinggo, Kamis 16 Desember 2021- Beredarnya video amatir di media sosial (medsos) tentang kondisi gunung Semeru yang kembali mengeluarkan awan panas, kini menjadi isu Nasional.

Kapten Muhamad Cendy Burhan, Kompi Cipur C, kesatuan TNI Yon Zipur 10 Probolinggo, saat dikonfirmasi melalui selulernya, membenarkan akan adanya awan panas yang kembali keluar dari gunung Semeru. Dan pihaknya memerintahkan para personil beserta relawan dan aparat lainnya untuk menjauhi lokasi tersebut.

“Untuk personil dan relawan yang membantu aparat satgas bencana. Saat ini dapat perintah langsung dari komandan satgas untuk ditarik mundur. Selain itu personil kami diturunkan untuk membantu pengamanan kunjungan RI 2,” ujarnya, Kamis (16/12/2021).

Berdasar info BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) hari ini pukul 09.01 Wib, awan panas dari gunung Semeru akan berguguran lagi. Terlihat jelas, saat timnya memantau dilokasi ternyata awan panas itu sudah keluar dari gunung Semeru.

“Saat kami menerima laporan dari tim yang berada didekat lokasi, yang diinfokan secara visual terlihat dari 09.13 sampai 09.15 Wib itu sudah terlihat jelas awan panas sudah keluar dari gunung Semeru,” paparnya.

Pihaknya juga meminta, kepada semua tim yang berada didekat lokasi gunung Semeru untuk segera menjauhi lokasi tersebut.

“Untuk saat ini pasukan sudah menjauh. Kebetulan posisi kami berada di dusun Kamar Kajang. Sedangkan dusun Curakobokan, pasirian dan lainnya sudah dikosongkan,” tutupnya.

Sementara, kalaksa BPBD kota Probolinggo, Sugito Prasetyo, juga membenarkan mengenai info tersebut. Sehingga dirinya mengecek para relawan kota Probolinggo supaya kumpul di titik zona aman. Sedangkan, para relawan masih ada dilokasi daerah Lumajang.

“Relawan masih ada disana, masih ada Tim BPBD Kota Probolinggo dan Relawan Rescue BPBD yang berada di Posko BPBD Desa Penanggal di Posko 1, kami bergabung dengan Tim SAR Regu 3 / SRU 3, sekarang sudah di tarik di Titik aman di Posko 1,desa Penanggal. Sedangkan Tim PKK di Posko Pemkot – PKK Kota di Desa Sumberwuluh posisi aman dan sekarang mendistribusikan bantuan ke Posko Pengungsian dan rumah-rumah pengungsian di dusun Labruk. Semua personil Tim sudah kami cek satu persatu kondisi lengkap, sehat dan pada titik lokasi aman,” paparnya. (Bambang)

Komentar