oleh

DPD LIRA Probolinggo Akan Lakukan Pengawasan Pilkada 2018

News Satu, Probolinggo, Selasa 19 Juni 2018- Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Jawa Timur telah  menginstruksikan kepada DPD LIRA untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Pengawasan tersebut dilakukan agar pelaksanaan Pilgub maupun Pilbup atau Pilwali di sejumlah daerah di Jawa Timur benar-benar berjalan dengan lancar, jujur dan adil.

“Alhamdulillah kami dapat berpartisipasi di 1.403 TPS Se-Jawa Timur, semoga keterlibatan Lira untuk melakukan pemantauan ini dapat membantu KPU, sehingga pelaksanaan Pilkada serentak 27 Juni 2018 berjalan dengan lancar dan tidak ada penyimpangan” Ujar Irham Maulidy Gubernur Lira Jawa Timur, Selasa (19/6/2018).

Keterlibatan LIRA sebagai pemantau tidak hanya pada saat pencoblosan, melainkan juga sebelum pencoblosan dan setelah pencoblosan, mulai dari penghitungan suara di TPS, PPK, KPU Kabupaten/Kota hingga Penetapan di KPU Provinsi.

“Kita akan lakukan pengawasan langsung dari pra hingga pasca pencoblosan,” tegasnya.

Bahkan saat ini, DPW LIRA Jawa Timur telah memberikan pembekalan terhadap anggota sebelum menjalankan tugas pengawasan pada pelasakaan Pilkada serentak yang akan digelar tanggal 27 Juni 2018.

Dibeberapa Daerah (Kabupaten/Kota, red) yang juga sedang melaksanakan Pilkada, jumlah pemantau dari LIRA akan hadir di beberapa daerah, seperti di Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Bondowoso, Pamekasan dan Bangkalan.

“Dari 24 Kecamatan dan 325 Desa dan 5 Kelurahan yang berada pada wilayah seluas 1.696,17 km2 tetunya memerlukan relawan yang cukup banyak untuk mengawasi pelaksanaan pemilihan di TPS, PPS, TPK dan KPU. Namun kami seleruh jajaran LSM Lira Kabupaten Probolinggo siap untuk melakukan pengwasan intensiv pada Pilkada 2018,” tandasnya

Secara sistematis kesiapan LSM Lira Kabupaten Probolinggo untuk ikut serta mensukseskan Pilkada 2018 sudah terbentuk, mulai tingkat Desa/Kelurahan hingga tingkat Kabupaten.

“Bahkan sejak dilaksanakannya tahapan Pilkada 2018, baik itu Pilgub maupun Pilbub kami sudah melakukan pemantau dan telah mendapatkan beberapa keterangan dan data tentang pelaksanaannya,” kata Berbudi BL Ketua Tim Pemantau Pilkada 2018 DPD LSM LIRA Kabupaten Probolinggo. (Bambang)

Komentar

News Feed