oleh

Lebaran, Pulau Gili Ketapang Probolinggo Dipadati Ribuan Pengunjung

News Satu, Probolinggo, Senin 18 Juni 2018- Memasuki H+2 Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Pulau Gili Ketapang, Kecamatan Suberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Jatim) mulai dipadati para pengunjung untuk menikmati keindahan Gua Kucing dan Snorkling di Pulau tersebut.

Untuk menikmati keindahan Pulau Gili Ketapang, para pengunjung harus naik perahu dari Pelabuhan Tanjung Tembaga, Kota Probolinggo dengan jarak tempuh kisaran 30 menit. Kemudian sesampainya di Pulau Gili Ketapang, para pengunjung akan disuguhi dengan indahnya air laut yang sangat cocok untuk snorkling.

Gili Ketapang merupakan pulau yang berpenghuni, jadi fasilitas publik tentunya tersedia. Dari kamar mandi, toilet, warung makan semuanya ada. Warung makan disana sebagian besar menyajikan menu ikan dan seafood.

Selain menikmati keindahan pantainya, para pengunjung juga bisa menuju ke Goa kucing yang merupakan Petilsan dari Sunan Giri. Di dekat Petilasan tersebut ada penginapan yang bisa tempati secara cuma Cuma dengan membayar uang seikhlasnya saja untuk bermalam.

“Selain ada sanak saudara di Pulau Gili Ketapang, saya juga ingin berekreasi menikmati keindahan alam di Pulau ini,” kata Junaidi, salah seorang warga Kraksan, Kabupaten Probolinggo, Senin (18/6/2018).

Konon, antara daratan Probolinggo dan Gili Ketapang hanya dipisahkan oleh Sungai, setelah gempa mengguncangnya, pulau ini bergeser ke tengah laut hingga sejauh 5 mil. Oleh sebab itulah kemudian dinamakan Gili Ketapang.

“Bahasa orang sini Gili memiliki arti mengalir dan Ketapang adalah nama dari Desa. Jadi bisa diartikan sebagai Desa Ketapang yang mengalir (bergeser). Sampai saat inipun banyak yang berpendapat, pulau kecil ini terus bergeser ke tengah laut,” ujarnya.

Untuk masuk ke lokasi Gili Ketapang para pengunjung tidak dipungut biaya. Melainkan hanya cukup membayar biaya penyebrangan saja Pelabuhan Tanjung Tembaga yang beroperasi sejak pukul 08.00 Wib hingga 16.00 Wib.

Bahkan biaya penyebrangan ke Gili Ketapang sangatlah terjangkau yakni kisaran Rp 10 ribu. Namun jika tidak mau ribet para wisatawan bisa memilih paket wisata Gili Ketapang dengan mengeluarkan budget kisaran Rp 100 ribu sudah mendapatkan penyebaran Pulang Pergi (PP), guide, makan siang dan juga snorkeling. (Bambang)

Komentar

News Feed