oleh

Ini Penyebab Pencairan DD Tahap II Tersendat Di Sampang

News Satu, Sampang, Selasa 31 Oktober 2017- Pencairan Dana Desa (DD) pada tahap II atau sebesar 40 persen masih belum bisa dicairkan atau tersendat di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur (Jatim). Hal itu terjadi karena dari 180 Desa yang ada di Sampang, hanya 20 Desa saja yang baru mengajukan pencairan Dana Desa (DD) tersebut.

Seharusnya pencairan Dana Desa (DD) tahap II ini, sudah bisa dilakukan pada bulan Oktober 2017. Namun ternyata masih banyak Desa yang belum mengajukan, sehingga pencairannya ditunda hingga awal November 2017.

“Insyaallah Minggu depan atau awal November 2017 sudah bisa cair semua,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sampang, Malik Amrullah, Selasa (31/10/2017).

Saat ini, DPMD telah menghimbau kepada seluruh Kepala Desa melalu para pendampin untuk segera mengajukan pencairan Dana Desa (DD) tahap II, agar Dana Desa (DD) yang merupakan program Pemerintah Pusat ini segera bisa dicairkan.

“Jadi semua Desa harus mengajukan Pencairan DD tahap II yang dilengkapi dengan Surat pertanggungjawaban (SPJ) tahap pertama. Setelah itu lengkap, maka bisa langsung dicairkan,” tandasnya.

Untuk penerima Dana Desa (DD) di Kabupaten Sampang, setiap Desa tidak sama atau bervariasi, yakni tergantung dari jumlah penduduknya, angka kemiskinan dan luas wilayah, serta tingkap kesulitan geografinya.

“Setiap Desa tidak sama penerimaan Dana Desa (DD)-nya, yakni mulai dari Rp 700 juta hingga Rp 1,2 miliar,” pungkasnya. (Mad)

Komentar

News Feed