oleh

Anggota Kodim Situbondo Asah Kemampuan Tali-Temali

News Satu, Sitobondo, Selasa 24 Juli 2018- Berbagai keahlian bertahan hidup, hingga membela diri harus dimiliki oleh prajurit TNI-AD. Tidak hanya itu saja, kemampuan tali-temali yang terlihat biasa-biasa saja, ternyata memiliki fungsi luar biasa. Akan tetapi, kemampuan tersebut tidak ditujukan untuk melukai seseorang. Namun, lebih diarahkan untuk melatih ketrampilan diri.

Hal itu, diungkapkan oleh Serma Suhartono, salah satu personel Kodim 0822/Bondowoso yang mahir memainkan ketrampilan tali-temali. Kemahiran tersebut sangat penting untuk dimiliki oleh prajurit TNI-AD, baik dalam bertahan hidup hingga membela diri. “Untuk kemampuan ini, kita lebih terarah ke hal-hal positif,” kata Suhartono. Selasa, 24 Juli 2018.

Sebab, tidak hanya sebagai bekal pribadi saja. Nantinya personel Kodim Bondowoso yang menerima pembekalan ini, diharapkan untuk bisa menyalurkan ketrampilannya ke Saka Wira Kartika yang berada di wilayah tugasnya.

“Nanti akan kita berikan ke adik-adik Saka Wira Kartika. Mereka, nantinya akan diberikan materi-materi dasar tali-temali saja,” tandasnya, Selasa (24/7/2018).

Sementara itu, Kepala Staf Kodim (Kasdim) Bondowoso, MayorInf Suhalit menambahkan, selain harus dimiliki oleh seluruh personelnya, ketrampilan tali-temali merupakan salah satu materi yang masuk dalam uji terampil perorangan.

“Hampir setiap tahun semua prajurit diuji kemampuan tali-temalinya,” tandas Kasdim 0822/Bondowoso ini.

Tidak hanya itu saja, selama menyalurkan ketrampilan itu ke para Saka Wira Kartika, ia mengimbau personelnya untuk lebih cermat dan teliti.

“Hanya pelatihan dasar dan sewajarnya saja. Misal, cara mengikat kayu-kayu untuk dijadikan tenda. Hanya itu saja. Tidak boleh lebih,” tegasnya. (CPYJ)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.