oleh

Arahkan Pecinta Balap Motor Ke Positif, IMI Gelar Sumenep Open Road Race 2017

News Satu, Sumenep, Rabu 26 April 2017- Untuk mengarahkan para pecinta balap motor ke positif, dan tidak menjadi pembalap liar. Ikatan Motor Indonesia (IMI) akan menggelar Open Road Race 2017 di Sumenep, Madura, Jawa Timur. Sumenep Open Road Race 2017 ini, bertujuan untuk membangkitkan kembali gairah balapan motor di Kabupaten Sumenep yang sudah lama vakum.

Sebab, Kabupaten yang berada di ujung timur pulau garam Madura ini banyak pecinta balapan motor, dan untuk mengarahkan ke positif, memang harus ada yang memfasilitasi dengan menggelar Sumenep Open Road Race, sehingga para pecinta balapan motor tersebut tidak melakukan balapan di jalan raya atau balapan liar.

“Selain itu, Road Race 2017 ini juga diharapkan dapat menjadi wadah positif bagi para pecinta motor racing untuk menyalurkan hobinya,” kata pembina pembalap Jatim, Franky Laurens, Rabu (26/4/2017).

Dalam Open Road Race Sumenep 2017 ini, para pecinta balapan motor dengan hasil modifikasi bisa mengikuti lomba tersebut yang rencananya sirkuit di area Taman Adipura, jalan Dr Soetomo, Pajagalan, pada hari Minggu (7/5/2017). Bahkan dalam ajang balapan motor tersebut akan dimeriahkan oleh pembalap nasional wanita, Raya Kitty yang akan berlangsung dalam waktu satu (1) hari. Dalam ajang tersebut nantinya akan ada 15 kelas yang akan dilombakan, termasuk kelas nasional maupun kelas supporting.

“Ada 15 kelas yang akan dilombakan. Tujuh (7) kelas nasional dan delapan (8) kelas tambahan atau supporting,” terangnya.

Khusus kelas supporting, lanjut Franky, dapat dimanfaatkan oleh para rider pemula untuk menimba ilmu dan melatih ketangkasan saat berada di sirkuit. Seperti di kelas Open, para pemula dapat belajar teknik langsung dari rider nasional.

“Nanti di kelas Open, semua pembalap akan berbaur di lintasan baik dari daerah maupun nasional. Sehingga bisa belajar langsung di lapangan,” ujarnya.

Sementara, ketua panitia pelaksana Sumenep Open Road Race 2017, Mulyadi, menjelaskan, selain untuk menghidupkan kembali balap motor di Sumenep, kegiatan tersebut bertujuan untuk mensukseskan program Visit Sumenep Year 2018. Menurutnya, dengan digelarnya road race ini diyakini mampu mengangkat nama Kabupaten Sumenep ke dunia luar.

“Kegiatan ini juga dilakukan sebagai usaha untuk mensukseskan program yang dicanangkan pemerintah yakni Visit Sumenep 2018,” katanya.

Ia berharap, kegiatan tersebut dapat menjadi awal kebangkitan dunia otomotif di Kabupaten Sumekar serta mendapat dukungan dari pemerintah setempat. Sehingga, nantinya dapat di bangun sirkuit resmi yang bisa dijadikan tempat latihan dan lomba tanpa mengganggu jalan umum.

“Kedepannya kami rencanakan ada klub otomotif di Sumenep yang diakui oleh IMI,” pungkasnya. (Ozi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.