oleh

Disdik Sumenep Tetapkan 8 SDN Sebagai Sekolah Rujukan Mutu

News Satu, Sumenep, Selasa 3 April 2018- Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melalui Dinas Pendidikan setempat menetapkan delapan SDN (Sekolah Dasar Negeri) sebagai sekolah rujukan mutu. Delapan sekolah tersebut tersebar di delapan kecamatan yang berada di Kabupaten Sumenep.

Kepala Bidang Pembinaan SD, Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Fajarisman mengatakan, penetapan sekolah rujukan mutu ini dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pendidikan yang merata di setiap sekolah baik negeri maupun swasta.

“Program sekolah rujukan mutu ini sebagai implementasi dari kebijakan Kementerian Pendidikan bahwa setiap daerah wajib mengembangkan sekolah rujukan mutu. Tahun ini ada delapan sekolah dan sudah disetujui oleh Bapak Bupati,” kata Kabid Pembinaan SD Disdik Sumenep, Fajarisman, Selasa (3/4/2018).

Delapan SDN yang ditetapkan sebagai sekolah rujukan mutu tahun ini yaitu SDN Saronggi 1, SDN Lenteng Timur 1, SDN Batuan 1, SDN Kalianget Timur 1 dan SDN Talango 1. Selain itu SDN Baban 1, SDN Pragaan Laok 1 serta SDN Kerta Timur.

“Sekolah-sekolah ini nantinya akan melakukan sharing dan berbagi pengetahuan, pengalaman dan kompetensinya dengan sekolah terdekat di Kecamatan masing-masing,” ungkapnya.

Fajar menjelaskan, penunjukan sekolah yang ditetapkan sebagai rujukan mutu ini didasarkan terhadap beberapa kriteria, salah satunya yakni ketersediaan dan implementasi dari optimalisasi delapan standar pendidikan serta pengembangan potensi daerah.

“Selain itu juga implementasi dan sinergitas terhadap arah kebijakan daerah khususnya program bangun desa nata kota,” jelas Fajar.

Ia menambahkan, program sekolah rujukan mutu ini sebenarnya sudah diterapkan sejak tahun 2017 kemarin. Tahun lalu, SDN yang ditetapkan sebagai sekolah rujukan mutu sebanyak 5 sekolah yang berada di lima Kecamatan.

“Jadi, hingga saat ini sudah ada 13 sekolah dari 13 Kecamatan sudah ditetapkan sebagai sekolah rujukan mutu. Kami menargetkan, di tahun 2020 terdapat satu sekolah rujukan mutu untuk tiap Kecamatan di Sumenep,” pungkasnya. (Ozi/adv)

Komentar

News Feed