oleh

Gara-gara Tak Bawa KTP, Puskesmas Rubaru Sumenep Tolak Pasien

News Satu, Sumenep, Rabu 27 September 2017-  Puskesmas di Kecamatan Rubaru, Sumenep, Madura, Jawa Timur tidak memberikan layanan Kesehatan secara maksimal. Terbukti, Puskesmas tersebut lebih mementingkan kepentingan administrasi dibandingkan dengan kesehatan.

Berdasarkan informasi, Selasa, (26/09/3017), Puskesmas Rubaru menolak pasien karena tidak membawa KTP. Bahkan, meski pasien memohon agar segera ditangani karena kondisi darurat dan KTP akan dijemput setelah itu, pihak Puskesmas tetap menolak.

Ibnu Toha, menceritakan, pada Selasa (26/9/2017) pagi, istrinya mengantarkan anaknya yang masih berumur 4 tahun ke Puskesmas Rubaru untuk segera mendapatkan penanganan medis.  Sebab, anaknya itu kurang sehat dan selalu sakit perut.

“Mereka menolak karena tidak membawa KTP. Padahal, sudah janji KTP akan dijemput karena kondisi darurat. Tapi mereka tidak mau,” ujar Ibnu Toha, Rabu (27/9/2017).

Menurutnya, Puskesmas semestinya lebih mementingkan kesehatan terlebih dahulu. Persoalan administrasi seperti KTP urus belakangan setelah nyawa seseorang terselamatkan.

“Mereka mengatakan bahwa aturannya memang begitu. Padahal, sudah memohon agar segera ditangani dulu dan KTP akan dijemput, tapi mereka tidak mau dengan alasan sudah menjadi peraturan,” imbuhnya.

Diakuinya, persoalan serupa bukan hanya dialami dia. Tetapi banyak pasien lain  yang mendapatkan pelayanan secara maksimal di Puskesmas tersebut.

Hingga berita ini ditulis, Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, dr. Fathoni saat dihubungi telepon selulernya tidak ada jawaban atau tidak diangkat.(RN2)

Komentar