Hari Anti Korupsi, Aktivis Gempar Demo Kejari Sumenep

News Satu, Sumenep, Senin 11 Desember 2017- Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Ekstra Parlementer (GEMPAR) melakukan aksi demonstrasi di depan kantor Kejari Sumenep, Madura, Jawa Timur, Senin (11/12/2017). Dalam aksi tersebut, mahasiswa menghadiahkan kalungan bunga kepada kepala Kejari setempat, Bambang Panca Wahyudi Hariadi.

Mahfud Amin, Korlap Aksi mengatakan, aksi demonstrasi tersebut dalam rangka memperingati hari anti korupsi sedunia yang jatuh pada tanggal 9 Desember lalu. Mereka menuntut komitmen dari aparat penegak hukum untuk memberantas korupsi dari bumi Sumekar.

“Kami meminta kepala Kejari untuk memberantas tindak pidana korupsi yang terjadi di Sumenep,” kata Korlap aksi, Mahfud Amin, Senin (11/12/2017).

Ia menjelaskan, dalam aksi tersebut pihaknya sengaja menghadiahkan kalungan bunga kepada kepala Kejari Sumenep sebagai bentuk dukungan dan doa agar serius dalam menangani kasus korupsi. Sebab, sepanjang tahun 2017 ini, masih banyak kasus korupsi yang belum terungkap.

Baca Juga :  18 Tokoh Diberi Anugerah Sumenep Award 2017

Sepanjang tahun 2017 ini, Kejaksaan Negeri Sumenep menangani 11 kasus korupsi. Dari 11 kasus dugaan korupsi tersebut, 2 diantaranya masih dalam tahap penyelidikan sedangkan 9 lainnya sudah tahap penyidikan, bahkan beberapa diantaranya sudah ada ketetapan hukum.

“Semua kasus korupsi harus dituntaskan secara profesional dan transparan,” ungkapnya.

Aktivis PMII Sumenep ini mengaku, pihaknya akan terus mengawal lembaga penegak hukum dalam memberantas korupsi. Bahkan, pihaknya akan melakukan aksi turun jalan untuk dengan massa yang lebih besar.

“Kami akan terus memantau kinerja penegak hukum, jika terpaksa tak ada keseriusan serta lamban maka kami akan kembali dg data yg lengkap,” tuturnya.

Sementara, Kepala Kejari Sumenep, Bambang Panca Wahyudi Hariadi, saat menemui mahasiswa mengaku siap untuk memberantas setiap kasus korupsi. Namun demikian, untuk saat ini pihaknya masih mengedepankan pencegahan dalam prilaku korupsi.

Baca Juga :  Hari Terakhir, DPC PKB Pamekasan Serahkan Berkas Ke KPU

“Tentu kami komitmen untuk memberantas korupsi terutama dalam pencegahan. Namun apabila sudah diingatkan dan dilakukan pencegahan, masih saja korupsi, maka kami akan lebih keras lagi memberikan tindakan,” Tegas Bambang singkat.

Setelah melakukan aksi di depan kantor Kejari, para mahasiswa melanjutkan aksinya ke Mapolres Sumenep dengan tuntutan yang sama. (Ozi)

Komentar