Ini Penjelasan Dandim Sumenep Tentang Pemutaran Film G30S PKI

News Satu, Sumenep, Senin 25 September 2017- Komando Distrik Militer (Kodim) 0827 Sumenep, Madura, Jawa Timur, beserta jajaran Koramil gencar melakukan pemutaran film G30S/PKI. Pemutaran film tentang pemberontakan partai komunis ini digelar dengan cara nonton bareng bersama masyarakat di sejumlah tempat.

Komandan Kodim 0827 Sumenep, Let. Inf. Budi Santosa mengatakan, pemutaran film G30S/PKI ini berlangsung sejak tanggal 20 hingga 30 September 2017. Hal itu berdasarkan intruksi langsung dari Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

“Jadi pemutaran film tentang G30S/PKI berdasarkan perintah langsung dari Panglima TNI di seluruh jajaran Kodim Sumenep baik daratan maupun kepulauan,” kata komandan Kodim 0827 Sumenep, Let. Inf. Budi Santosa, Senin (25/9/2017).

Ia menjelaskan, pemutaran film yang mengisahkan tentang penghianatan komunis Indonesia ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat akan bahaya dan ancaman PKI. Sehingga diharapkan nantinya dapat menjadi warning bagi masyarakat.

“Pemutaran film ini sifatnya tidak memaksa. Kami hanya mengajak masyarakat untuk mempelajari sejarah kelam tentang penghianatan PKI,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Dandim, pemutaran film ini juga dimaksudkan sebagai sarana edukasi kepada masyarakat, khususnya generasi muda bahwa hanya ada satu ideologi yang bisa hidup di Indonesia yaitu ideologi Pancasila. Sedangkan ideologi lain seperti ideologi komunis karena mengancam keutuhan bangsa.

“Untuk pemutaran film di tingkat kabupaten, direncanakan tanggal 30 September bertempat di depan masjid Jamik,” tuturnya.

Disinggung terkait gerakan PKI di Sumenep, Dandim mengaku sudah mengantongi data. Saat ini pihaknya terus melakukan pemantauan dan bersikap waspada. Lebih-lebih dapat mengajak kembali menuju ideologi Pancasila.

“Untuk data-data kami ada. Kami terus memantau dan mewaspadai perkembangannya,” imbuhnya. (Ozi)

Komentar