Jelang Idul Adha, Harga Sapi Di Sumenep Melambung

News Satu, Sumenep, Selasa 21 Agustus 2018- Jelang hari Raya Idul Adha 1439 H, harga kambing dan sapi di Sumenep, Madura, Jawa Timur (Jatim) mulai melambung tinggi. Bahkan harga sapi kenaikannya mencapai Rp 750 ribu/ekor.

Untuk harga sapi ukuran sedang, dari sebelumnya Rp 9 juta/ekor, kini naik menjadi Rp 9,5 juta hingga Rp 10 juta/ekor. Kenaikan harga ini terjadi karena tingginya permintaan dari masyarakat untuk dijadikan hewan kurban.

“Permintaan sangat tinggi untuk dijadikan hewan kurban,” kata Madra’ie salah seorang pedagang sapi di Pasar Hewan Sumenep, Selasa (21/8/2018).

Sementara, untuk harga kambing ukuran sedang dari biasanya Rp 1,1 juta/ekor, naik menjadi Rp 1,4 juta per ekor.

Baca Juga :  Inilah Tujuh Situs di Keraton Sumenep Yang Ditetapkan Sebagai Cagar Budaya

“Sudah menjadi kebiasaan setiap mendekati hari raya kurban, harga kambing naik. Naik kisaran Rp 250 ribu hingga Rp 400 ribu per ekor,” ungkapnya.

Sedangkan Kabid Kesehatan Hewan, Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Sumenep, drh. Zulfa meminta, hewan kurban yang terkena penyakit meskipun hanya sakit mata tidak boleh disembelih, karena bisa berbahaya bagi yang mengonsumsi dagingnya.

“Kalau hewan kurban ditemukan terkena penyakit, meski hanya penyakit mata jangan sampai disembelih, harus sembuh dulu,” katanya.

Menurutnya, selama ini terus melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan yang akan dijadikan kurban. hasil pemeriksaan belum ditemukan hewan kurban yang kena penyakit meski hanya mata. Tapi kalau ditemukan, para penyedia hewan kurban harus mengobatinya dengan cepat agar tidak menular pada yang lain.

Baca Juga :  PP As-salam Pertahankan Gelar Juara LSN 2017 Melalui Adu Penalti Di SGRP Pamekasan

“Kami sudah meminta pada penyedia hewan kurban agar hewannya tidak sakit. Karena saat ini musim panas. Kalau ditemukan ada hewan yang sakit, silahkan diobati. Jangan disembelih sebelum sembuh,” pungkasnya. (red)

Komentar