Jelang Idul Adha, Pedagang Hewan Di Sumenep Kebanjiran Order Dari Luar Daerah

News Satu, Sumenep, Selasa 29 Agustus 2017- Jelang hari raya Idul Adha, permintaan hewan kurban meningkat tajam. Terbukti para pedagang hewan kurban di Sumenep, Madura, Jawa Timur (Jatim) kebanjiran order, bahkan pemesan hewan kurban tidak hanya dari lokal Sumenep saja, melainkan juga dari luar Daerah, seperti Bekasi, Jakarta, Riau dan sejumlah daerah lainnya.

“Sekali kirim minimal 100 ekor hewan kurban, biasanya kalau ke Jakarta maupun Bekasi, kita angkut hewan kurban tersebut dengan menggunakan mobil truk atau fuso. Sedangkan kalau ke luar Riau atau Kalimantan kita menggunakan kapal laut,” kata Samauddin, salah seorang pedagang hewan, Selasa (29/8/2017).

Tingginya permintaan hewan kurban dari luar daerah ke Madura khususnya Sumenep, karena harga hewan seperti sapi dan kambing masih terbilang murah dibandingkan memesan ke daerah lainnya. Untuk harga Kambing harganya berkisar Rp 1,5 hingga Rp 3 juta/ekor, sedangkan untuk sapi yang banyak laku harganya berkisar Rp 9 juta hingga Rp 12 juta/ekor.

“Di Madura itu harganya cukup terjangkau, jadi banyak yang pesannya ke Madura khususnya Sumenep,” ujarnya.

Ia menambahkan, sudah menjadi tradisi setiap hari raya Idul Adha banyak masyarakat maupun yayasan yang membeli hewan kurban. Namun biasanya, untuk menhindari mahalnya harga hewan kurban, para pembeli melakukan pemesanan lebih awal.

“Sudah menjadi kebiasaan setiap tahun, para pelanggan saya selalu memesan satu bulan sebelum lebaran Idul Adha, karena pada waktu itu harganya masih relatif murah,” pungkasnya. (Ozi)

Komentar