oleh

Kades Di Sumenep Belum Lakukan Penebusan Rastra

News Satu, Sumenep, Rabu 19 April 2017- Jatah Beras Sejahtera (Rastra) bagi masyarakat miskin di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, dipastikan sudah bisa disalurkan kepada keluarga yang menjadi sasaran manfaat. Hanya saja, untuk pendistribusiannya tinggal menunggu penebusan oleh kepala desa kepada Bulog setempat.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Sumenep, Hery Koentjoro Pribadi, mengatakan, pemerintah daerah telah melakukan sosialisasi kepada semua kepala desa yang ada di Sumenep terkait program kesejahteraan masyarakat ini. Bahkan pihaknya juga sudah memberikan data rumah tangga yang menjadi sasaran manfaat.

“Kita sudah melakukan sosialisasi terkait program Rastra ini. Untuk percepatan pendistribusian kepada masyarakat,” kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Sumenep, Hery Koentjoro Pribadi, Rabu (19/4/2017).

Sementara, untuk memastikan ketersediaan stok beras yang ada di Bulog, Koentjoro mengaku telah melayangkan surat perintah alokasi kepada Badan Urusan Logistik (Logistik) setempat agar penebusan beras oleh kepala desa tidak menemukan kendala. Berdasarkan hasil koordinasi terakhir yang dilakukan, stok beras di Bulog saat ini aman.

“Semuanya sudah siap. Tinggal menunggu kapan kepala desa akan menebus. Mungkin sekarang masih melakukan verifikasi data penerima,” ujarnya.

Ia menjelaskan, para kepala desa dapat melakukan penebusan beras Rastra hingga empat bulan sekaligus. Sebab, sejak Januari lalu, alokasi beras untuk masyarakat miskin itu tidak bisa terdistribusi karena terkendala daftar penerima yang belum turun dari pemerintah pusat. Hanya saja, lanjut Koentjoro, penebusan tersebut tergantung kondisi keuangan yang ada di Desa.

“Jatah selama empat bulan mau ditebus sekaligus tidak apa-apa. Tergantung keuangan yang ada,” pungkasnya.

kuota Rastra untuk masyarakat miskin Sumenep tahun ini mengalami peningkatan sebesar 10 persen dibandingkan tahun lalu. Untuk tahun ini, jumlah total rumah tangga yang menjadi sasaran manfaat (RTSM) program Rastra sebanyak 128.016 KK. Tiap bulan, RTSM tersebut akan menerima beras seberat 15 kilogram. Jika diakumulasikan, Jatah Rastra perbulan sebesar 1.920.240 kilogram per bulan atau 23.042.880 kilogram per tahun. (Ozi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.