oleh

Kaya Potensi Migas, Malah Angka Kemiskinan Di Sumenep Masih Tinggi

News Satu, Sumenep, Minggu 2 April 2017- Meski memiliki banyak potensi alam seperti Sumber Migas, ternyata Angka kemiskinan di Sumenep, Madura, Jawa Timur masih terbilang cukup tinggi. Terbukti jumlah pengangguran di kota yang berada di ujung timur pulau garam Madura ini mencapai 20,49 persen, bahkan menduduki peringgkat 35 dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur.

“Saya kaget juga, kota yang kaya dengan potensi Migas malah angka kemiskinannya tinggi,” kata Juhari Anggota Komisi II DPRD Sumenep, Minggu (2/4/2017).

Lanjut Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, seharusnya pemerintah daerah bisa menekan angka tersebut, sebab daerah Bumi Sumekar ini memiliki kekayaan alam yang melimpah, baik di sektor pertanian maupun kandungan minyaknya. Selain itu pula, Sumenep memiliki potensi pariwisata yang bisa dikelola dan bisa menurunkan angka kemiskinan maupun jumlah pengangguran.

“Jika dikelola dengan serius pasti angka kemiskinan maupun pengangguran di Sumenep akan berkurang. Apalagi Sumenep memilik potensi pariwisata yang cukup bagus sekali untuk dikembangkan, baik dari segi wisata religi, wisata bahari, dan wisata techno,” ujar Politisi berlambang Ka’bah ini.

Sementara, Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan, untuk menekan anka kemiskinan maupun pengangguran di Kabupaten Sumenep, pihaknya telah mengoptimlakn lapangan kerja dan pasar tradisional sebagai pusat perekonomian di setiap kecamatan.

Bahkan, saat ini pemerintah daerah juga telah memaksimalkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk melakukan pengelolaan potensi wisata di daerahnya. Seperti di Pantai Sembilan, Pantai Badur, dan wisata air terjun Air Merah.

“Jika semua Desa telah terbentuk BUMDes-nya, maka akan membangkitkan perekonomian masyarakat di daerah itu sendiri. Namun hingga saat ini baru 163 dari jumlah desa 330 yang ada di Sumenep,” kata Politisi PDI Perjuangan ini.

Oleh karena itu, pihaknya berharap untuk kedepannya semua Desa sudah terbentuk BUMDes, sehingga angka pengangguran di Sumenep ini akan terus menurun dan masyarakatnya akan lebih sejahtera.

“Kami akan terus berupaya untuk menggairahkan perekonomian masyarakat Sumenep, baik yang berada di perkotaan maupun pedesaan. Oleh karena itu, saya mengajak masyarakat untuk selalu memberikan dukungan terhadap program pemerintah daerah Sumenep ini,” pungkasnya. (RH)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.