oleh

Menikmati Home Stay Di Pulau Oksigen Sumenep

News Satu, Sumenep, Senin 30 April 2018- Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur (Jatim) terus mengembangkan sejumlah destinasi wisata dalam rangkan pencanangan program Visit Sumenep atau tahun kunjungan wisata pada tahun 2018. Bahkan Wisata Kesehatan yang terletak di Pulau Gili Iyang, Kecamatan Dungkek, Sumenep menjadi sebuah ikon karena memiliki kadar Oksigen terbaik di dunia setelah Yordania.

Pulau Gili Iyang sangat tepat untuk dijadikan tujuan wisata bagi para wisatawan yang ingin menikmati liburan bersama keluarga. Sebab, Pulau yang berada di Kecamatan Dungkek ini, tidak hanya memiliki kadar oksigen terbaik, melainkan juga memiliki 7 goa di Desa Banraas dan 3 goa di Desa Bancamara.

“Selain memiliki Kadar Oksigen 21,5 persen, Pulau Gili Iyang juga memiliki 7 Goa yang dapat dinikmati oleh para wisatawan yang berkunjung,” kata Anggota DPRD Kabupaten Sumenep, dari Dapil V, H. Masdawi, Senin (30/4/2018).

Jadi jangan ragu bagi wisatawan untuk datang ke Pulau Gili Iyang, karena saat ini Pemerintah Daerah sudah mulai melakukan pembenahan terhadap infrastruktur dan fasilitas di lokasi wisata Kesehatan. Bahkan, pada tahun 2018 Pemerintah akan membangun Dermaga di Pulau Gili Iyang yang anggarannya mencapai Rp 1,5 miliar bersumber dari APBN.

“Secara bertahap pembangunan infrastruktur sudah mulai dilakukan, mulai dari perbaikan jalan dan rencananya pada tahun 2018 ini juga akan dibangun dermaga. Selain itu, Pemerintah juga telah bekerjasama dengan PLN untuk mengaliri listrik,” katanya.

Bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke Pulau Gili Iyang tidak perlu mengeluarkan budget yang banyak, karena banyak mobil penumpang umum yang ada setiap saat dari kota Sumenep menuju Pelabuhan Dungkek dengan tarif kisaran Rp 20 ribu. Kemudian para pengunjung bisa naik naik perahu reguler menuju pulau Gili Iyang yang biayanya hanya berkisar Rp 15 ribu/orang dengan jarak tempuh kurang lebih 45 menit hingga 60 menit.

Akan tetapi jika menyewa perahu dengan kapasitas 30 orang, maka para pengunjung harus mengeluarkan budget Rp 500 ribu, sedangkan untuk rombongan kecil tarifnya lebih murah, yakni Rp 200 ribu.

Namun jika, menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat, para pengunjung bisa menitipkannya di rumah warga yang tidak jauh dari Pelabuhan Dungkek.

“Jika membawa mobil atau kendaraan roda dua silakan titipkan di rumah saya yang tidak jauh dari Pelabuhan Dungkes. Saya jamin pasti aman,” tandas, mantan Kepala Desa Banraas dua periode ini.

Lanjut Politisi Partai Demokrat ini, bagi para pengunjung yang memiliki waktu banyak untuk menikmati kadar oksigen dan keindahan pulau Gili Iyang. Saat ini sudah banyak rumah warga yang dijadikan Home Stay atau penginapan.

“Silakan saja datang ke Pulau kami (Gili Iyang, red), para wisatawan akan merasa nyaman dan aman,” ujarnya.

Perlu diketahui, masyarakat di wilayah wisata Kesehatan atau Pulau Oksigen ini rata-rata umurnya mencapai 100 tahun keatas. Penasaran dengan Pulau Gili Iyang yang memiliki kadar Oksigen 21,5 persen ini, silakan kunjungi wisata andalan Kabupaten Sumenep pada khususnya, dan andalan Negara Republik Indonesia pada Umumnya, karena memiliki kadara oksigen terbaik di dunia setelah Yordania. (Roni)

Komentar