oleh

Mungkinkah??? Pasar Bangkal Sumenep Akan Jadi Pusat Ekonomi Kerakyatan

News Satu, Sumenep, Selasa 4 April 2017- Penertiban pedagang kaki lima (PKL) di areal taman bunga atau taman adipura yang saat ini dipindahkan ke pasar Bangkal, Kecamatan Kota, Sumenep, Madura, Jawa Timur, merupakan awal dari terpusatnya perekonomian rakyat. Namun demikian apakah hal itu mungkin bisa dilakukan pemerintah daerah untuk memusatkan perekonomian rakyat di Pasar Bangkal ???.

Anggota DPRD Sumenep, Juhari mengatakan, langkah pemerintah untuk menjadikan areal taman bunga atau taman adipura menjadi sebuah tata ruang hijau memang sudah bagus dengan menertibkan para Pedagang Kaki Lima (PKL). Namun yang menjadi pertanyaan pada saat ini, apakah cukup dengan menertibkan dan memusatkan PKL ke pasar Bangkal, tanpa ada tindak lanjut untuk menghidupkan ekonomi kerakyatan.

“Saya kira tidak cukup sampai di situ saja, melainkan Pemkab harus menjadikan pasar bangkal sebagai pusat perekonomian rakyat. Seperti yang kita tahu, disana ada PKL, Pedagang Buah, Pedagang Sepeda Motor dan Sepeda Pancal, jadi sudah bisa semuanya terpusat di Pasar Bangkal,” katanya, Selasa (4/4/2017).

Lanjut Politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, dilihat dari segi lokasi, Pasar Bangkal berada berada ditengah-tengah, jadi sangat memungkikankan jika pasar Bangkal menjadi sebagai pusat perekonomian rakyat.

“Coba di desain sebaik mungkin pasar Bangkal agar bisa menjadi pusat perekonomian rakyat, dan ini sudah tanggung jawab pemerintah bagaimana menghidupkan perekonomian para PKL yang ditertibkan tersebut, jika terpusat di pasar Bangkal, maka pendapatan para PKL juga akan naik,” ujar anggota Komisi II DPRD Sumenep ini.

Menanggapi hal itu, Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi mengatakan, hal itu sudah memang dipikirkan oleh Pemerintah Daerah. Bahkan saat ini, pihaknya telah melakukan evaluasi dan survei di Pasar Bangkal, apakah bisa menjadi sebuah pusat ekonomi kerakyatan atau tidak.

“Semuanya ada proses, jadi kami melakukan evaluasi dan survei terelebih dahulu terhadap desain pasar Bangkal untuk menjadi pusat perekonomian rakyat,” katanya.

Lanjut Politisi PDI Perjuangan ini, jika dilihat dari sisi pedagang yang ada di pasar Bangkal, sudah terbilang bisa menjadi sebuah pusat ekonomi kerakyatan, karena saat ini pedagang yang ada di pasar Bangkal adalah Pedagang Kreatif, pedagang sepeda motor, sepeda pancal dan pedagang buah.

“Mungkin kedepannya juga ada pedagang kerajinan keris, batu akik dan lain sebagainya,” ucap orang nomor dua di Sumenep ini, sambil tersenyum.

Akan tetapi yang terpenting adanya dukungan dari semua pihak, sehingga apa yang menjadi visi misi Bupati Dan Wakil Bupati untuk mensejahterakan rakyat Sumenep benar-benar bisa terwujud. Sebab tanpa adanya dukungan dari masyarakat maupun wakil rakyat mustahil akan terwujud.(RH)

Komentar