Pameran Pembangunan, DLH Sumenep Edukasi Masyarakat Untuk Daur Ulang Sampah 

News Satu, Sumenep, Minggu 22 Oktober 2017- Pameran pembangunan ‘Sumenep Spektakuler’ yang dibuka sejak Sabtu (21/10/2017) kemarin dimanfaatkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk mengedukasi masyarakat agar mencintai alam dan lingkungan. Hal itu terlihat dari tempat atau stan pameran milik Dinas Lingkungan Hidup ini dipenuhi dengan barang hasil daur ulang sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sumenep, M Syahrial mengungkapkan, pihaknya sengaja mengambil konsep produk hasil daur ulang tersebut untuk mengedukasi masyarakat agar mencintai lingkungan. Salah satunya yakni dengan memanfaatkan sampah untuk didaur ulang menjadi barang yang berharga.

“Sampah yang awalnya tidak berharga kalau didaur ulang menjadi berharga dan ekonomis,” kata kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumenep, M Syahrial, Minggu (22/10/2017).

Baca Juga :  DPRD Sumenep: Rp 1 Miliar Untuk Pembangunan Infrastruktur Pertanian Di Kepulauan

Didalam stan pameran milik DLH, produk hasil daur ulang sampah memang banyak terpajang. Mulai dari tingkat pengerjaan yang tidak begitu sulit seperti pigura, tas, hiasan dinding hingga ‘mahkota’ yang terbuat dari sampah pohon. Semua produk tersebut merupakan hasil produksi bank sampah milik DLH.

“Semua produk ini hasil dari bank sampah yang kami kembangkan,” ungkap Syahrial.

Ia menjelaskan, semua orang pasti bisa membuat produk daur ulang sampah. Yang penting ada kemauan yang besar untuk membuat produk dari barang bekas atau sampah. Apalagi, bahan yang diperlukan juga mudah didapat karena sudah dibuang.

Oleh sebab itu, pihaknya berharap produk hasil daur ulang sampah di tengah masyarakat dapat meningkat signifikan.

Baca Juga :  3 Anggota DPRD Sumenep Di PAW

“Selain sangat bermanfaat terhadap lingkungan, produk-produk hasil daur ulang tersebut nantinya akan lebih bersifat ekonomis,” pungkasnya. (Ozi)

Komentar