oleh

Pasar Anom Baru Blok A Sumenep Kurang Diminati Pedangang

News Satu, Sumenep, Jumat 31 Maret 2017- Pasar Anom Baru Blok A Sumenep, Madura, Jawa Timur, ternyata kurang diminati oleh para pedagang. Hal itu terbukti dari banyaknya toko, kios dan stan di pasar semi modern itu masih banyak yang kosong.

Kepala Dinas Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sumenep, Saiful Bahri, mengatakan, banyaknya toko, kios dan stan di pasar Anom Baru blok A Sumenep disebabkan karena belum laku atau tidak ada pedagang yang menempati. Kekosongan tersebut terutama terjadi di lantai dua karena untuk lantai satu dikhususkan bagi pedagang terdampak kebakaran beberapa tahun lalu.

“Mungkin karena belum laku. Terutama di lokasi lantai dua, karena untuk yang di bawah memang dikhususkan bagi pedagang terdampak kebakaran,” kata kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sumenep, Saiful Bahri, Jumat (31/3/2017).

Untuk menindaklanjuti banyaknya kios dan stan yang kosong itu, Saiful mengaku akan melakukan koordinasi dengan pihak rekanan untuk mencari jalan keluar dari banyaknya kios yang kosong. Sebab, pasar Anom Baru yang berlokasi di Desa Kolor, Kecamatan Kota, tersebut saat ini dikelola oleh pihak ketiga.

“Nanti kita koordinasikan dengan pihak investor bagaimana solusinya,” tambah Saiful.

Namun, ia menampik jika minimnya minat pedagang untuk berjualan di lokasi pasar Anom Baru itu disebabkan karena harga sewa yang melambung tinggi. Menurutnya, persoalan harga sewa merupakan hal yang relatif, sehingga tidak bisa dijadikan tolak ukur tidak lakunya kios.

“Soal harga saya kira itu relatif, sebab ada pedagang yang mempunyai modal besar dan ada pedagang yang bermodal kecil. Jadi itu tidak bisa dijadikan tolak ukur,” jelasnya.

Pasar Anom Baru Blok A Sumenep diresmikan oleh Bupati Sumenep pada tanggal 31 Oktober 2016 lalu. Pasar baru tersebut dibangun dengan konsep semi modern yang terdiri dari dua lantai.

Sedangkan di lantai bawah, terdapat 236 kios, toko dan stan yang diproyeksikan bagi pedagang pasar Anom yang terdampak kebakaran, sementara di lantai dua terdapat 241 kios, toko dan stan yang disiapkan bagi para pedagang yang ingin berjualan di pasar Anom Baru Sumenep. (Ozi)

Komentar