oleh

Pemkab Sumenep Ajak Masyarakat Gemar Konsumsi Ikan

News Satu, Sumenep, Kamis 13 April 2017- Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi ikan, Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar sosialisasi Gerakan masyarakat Makan Ikan (Gemarikan) di Kecamatan Batuan, Kamis (13/4/2017).

Kegiatan yang bertempat di Balai Kecamatan tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Forikan (Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional) Kabupaten setempat, Nurfitriana Busyro Karim. Dalam kegiatan tersebut, selain melakukan sosialisasi agar gemar mengkonsumsi ikan, pihak panitia juga menggelar lomba mewarnai bagi siswa tingkat TK se- Kecamatan Batuan, untuk mengasah kreatifitas anak dan menanamkan gemar makan ikan sejak dini.

Ketua Forikan Kabupaten Sumenep, Nurfitriana Busyro Karim, mengatakan, kegiatan sosialisasi Gemarikan ini sengaja ditempatkan di Kecamatan Batuan untuk memeratakan gemar makan ikan kepada masyarakat. Sehingga konsumsi ikan yang banyak tidak menumpuk di wilayah pesisir.

“Kita memang sengaja menggelar sosialisasi Gemarikan di Kecamatan yang bukan daerah pesisir, agar masyarakat yang mengkonsumsi ikan tidak di pesisir saja,” kata ketua Forikan Sumenep, Nurfitriana Busyro Karim, Kamis (13/4/2017).

Perempuan yang biasa dipanggil Bunda Fitri ini menjelaskan, gemar mengkonsumsi ikan sangat penting bagi kesehatan dan pertumbuhan khususnya bagi anak-anak. Sebab, kandungan omega tiga dan kalsium yang terkandung sangat bermanfaat bagi perkembangan anak.

“Sehingga diharapkan nantinya generasi muda Sumenep tumbuh lebih berkualitas,” ungkap ketua TP PKK Sumenep ini.

Sementara, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten setempat, Arif Rusdi, menjelaskan, kegiatan sosialisasi Gemarikan tersebut merupakan program rutin tahunan untuk semakin meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat. Bahkan menurutnya, kegiatan ini merupakan awal yang ditempatkan di Kecamatan, sebab pihaknya juga akan menggelar sosialisasi Gemarikan untuk tingkat Kabupaten.

“Ini baru kegiatan awal yang ditempatkan di tingkat kecamatan, insyaAllah nanti bulan Juni kita akan melaksanakan kegiatan sosialisasi Gemarikan untuk tingkat Kabupaten,” ujar Rusdi.

Ia menambahkan, sosialisasi Gemarikan penting dilakukan untuk meningkatkan konsumsi ikan di Kabupaten Sumenep. Sebab, berdasarkan data yang ada, tingkat konsumsi ikan di Sumenep masih di bawah target nasional.

“Kalau tingkat nasional targetnya kan 52 kilogram per kapita per tahun, di Sumenep batu mencapai 40 kilogram per kapita per tahun,” imbuhnya. (Ozi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.