oleh

Pengin Dapat Pupuk Berubsidi, Petani Harus Punya Kartu Tani

News Satu, Sumenep, Jumat 7 April 2017- Untuk menghindari tidak tepat sasaran dalam pendistibusian pupuk bersubsidi dan mempermudah pengawasan, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Sumenep, Madura, Jawa Timur menerapkan aturan baru, yakni setiap petani harus memiliki kartu Tani untuk bisa  menebus pupuk bersubsidi dari Pemerintah.

“Petani harus memilik kartu Tani agar bisa melakukan penebusan Pupuk bersubsidi, bahkan target kami pada akhir Mei 2017 semua petani sudah menagntongi kartu tersebut,” kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Pekebunan Sumenep, Bambang Heriyanto, Jumat (7/4/2017).

Ia menerangkan, bagi para petani yang ingin memiliki kartu tani harus tergabung dalam kelompok tani. Sebab pihaknya telah melakukan tahapan sosialisasi tersebut melalui kelompok tani.

“Kartu tani itu seperti ATM fungsinya, jadi setiap kios akan disediakan mesin gesek oleh perbangkan. Sedangkan yang petani yang tidak memiliki kartu tani ya tidak bisa menebus pupuk bersubsidi,” ujar Bambang.

Sedangkan untuk pengisian saldo kartu tani, lanjut bambang, para pemilik kartu akan dikaitkan dengan program kredit usaha rakyat (KUR), sehingga saat menjual gabah akan langsung dilakukan pemotongan sesuai dengan ketentuan.

“Data yang ada pada kami, ada sekitar 120 ribu petani yang akan memiliki kartu tani. Data tersebut sesuai dengan jumlah petani yang tergabung dalam 4 ribu kelompok tani,” pungkasnya. (RH)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.