oleh

Peringati Hari Santri, Warga Nahdliyin Di Sumenep Gelar Donor Darah

News Satu, Sumenep, Rabu 4 Oktober 2017- Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional tahun 2017, warga Nahdliyin di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar aksi donor darah bagi masyarakat yang membutuhkan. Aksi donor darah tersebut dipusatkan di kantor PC NU Kabupaten setempat, Rabu (4/10/2017).

Ketua PC NU Kabupaten Sumenep, Panji Taufik mengungkapkan, aksi donor darah dari warga Nahdliyin ini merupakan rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada tanggal 22 Oktober nanti.

“Aksi donor darah ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang kami gelar untuk memperingati Hari Santri Nasional,” kata ketua PC NU Sumenep, Panji Taufik, Rabu (4/10/2017).

Ia menjelaskan, aksi donor darah ini dapat diartikan sebagai sebagai sedekah dari kaum Nahdliyin bagi masyarakat yang membutuhkan darah. Sebab menurutnya, sedekah itu tidak harus berupa uang atau barang, namun darah juga bisa disedekahkan untuk menolong nyawa manusia.

“Donor darah ini merupakan salah bentuk pengabdian kami kepada bangsa dan kepedulian kepada sesama,” ungkapnya.

Panji menargetkan, dalam kegiatan donor darah hari ini dapat menghasilkan 100 kantong darah yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkan. Bahkan, pihaknya mengaku sudah mengeluarkan surat edaran kepada pengurus MWC NU yang ada di kecamatan agar ikut berpartisipasi mensukseskan kegiatan donor darah tersebut.

“Setidaknya sudah ada 100 warga Nahdliyin yang suka rela mendonorkan darahnya,” jelas Panji.

Sementara, Koordinator aksi donor darah, Abd Hadi menerangkan, kegiatan donor darah ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah. Apalagi, stok darah yang ada di kantor PMI setempat seringkali tidak ada. Hadi mengaku, selain di kantor PC NU Sumenep, aksi donor darah juga dilakukan di beberapa lembaga pendidikan serta MWC NU se Kabupaten Sumenep.

“Ini bagian dari pengabdian kami untuk mempermudah masyarakat yang membutuhkan darah. Selama pelaksanaan HSN, kami menargetkan mencapai 500 kantong darah,” imbuh Hadi. (Ozi)

Komentar

News Feed