oleh

Satpol Airud Sumenep Amankan Ratusan Slop Rokok Ilegal Diatas Kapal

News Satu, Sumenep, Selasa 26 Maret 2018- Satuan Polisi (Satpol) Airud Sumenep, Madura, Jawa Timur (Jatim) amankan ratusan slop (Pres, red) rokok ilegal atau rokok tanpa cukai yang akan dikirim ke Kepulauan. Terungkapnya pengiriman rokok tanpa cukai tersebut, berawal saat petugas dari Satpol Airud Sumenep melakukan pemeriksaan diatas Kapal Motor (KM) Dharma Bahari Sumekar, di pelabuhan Kalianget.

Dalam pemeriksaan tersebut petugas menemukan 400 pres (slop, red) rokok dengan merek Cahaya Pro Mild yang tidak dilengkapi dengan cukai rokok. Mengetahui hal itu petugas langsung mengamankan 400 slop rokok tanpa cukai atau ilegal tersebut.

“Saat kami menanyakan barang itu milik siapa, para penumpang lintasan Kalianget-Kangean dan Sapeken ini mengakut tidak tahu. Lalu kami langsung amakan ke kantor ratusan slop rokok tersebut,” ujar Kasatpol Airud Polres Sumenep AKP Ludwi Yarsa Pramono, Senin (26/3/2018).

Saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan terhadap rokok yang tidak disertai cukai atau ilegal tersebut. Sebab pemilik rokok tersebut telah melanggar Pasal 29 ayat 2 (a) Undang–Undang No 39 Tahun 2007 Tentang Cukai.

“Kami masih lakukan penyelidikan, dan telah melakukan gelar bersama staf penyidik Bea Cukai, dan barang bukti (BB) berupa 400 slop rokok yang tidak disertai cukai itu diserahkan ke Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai tipe Madya Pabean C Madura,” pungkasnya. (Roni)

Komentar

News Feed