oleh

Serunya Pertandingan Bola Api Di Desa Juruan Laok Sumenep

News Satu, Sumenep, Kamis 17 Agustus 2017- Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 72 di Desa Juruan Laok, Kecamatan Batuputih, Sumenep, Madura, Jawa Timur (Jatim) cukup meriah. Pasalnya dalam perayaan tersebut warga menggelar Pawai Obor dan sejumlah antraksi, perayaan HUT RI Ke 72 ini bertambah meriah saat digelarnya pertandingan bola api.

Pertandingan bola api ini seperti permainan bola futsal, akan tetapi bola yang dipakai bukan bola seperti pada umumnya, melainkan bola tersebut dibuat dari buah kelapa kering yang kulit luarnya dikupas, kemudian direndam pada minyak tanah agar apinya terus berkobar. Selain itu, para pemain juga tidak memakai alas kaki pada saat pertandingan berlangsung.

Permaian bola api membuat suasana semakin meriah dan seru, sebab para pemain sangat linca dalam membawa bola api tersebut, bahkan mereka seakan-akan tidak merasakan panas terhadap bola api yang digiring maupun ditendangnya.

“Permainan seperti ini sudah biasa kami lakukan, jadi tidak terasa panas saat menggiring bola maupun menendanganya,” ujar Miftahol Arifin, salah seorang pemain bola api, Kamis (17/8/2017).

Permainan bola api seperti ini, tidak semua bisa melakukannya. Oleh karena itu, Panitia pelaksana sengaja menggelar permainan tersebut, sehingga kemeriahan HUT Kemerdekaan RI ke 72 di Desa Juruan Laok semakin meriah.

“Tidak semua bisa memainkan bola api, tapi hanya mereka yang mempunyai keberanian dan kelebihan tersendiri,” ujar Moh. Zalwi, Panitia Pelaksana. (Ozi)

Komentar