oleh

Siswa Di Sumenep Wajib Gunakan Bahasa Madura Di Sekolah

News Satu, Sumenep, Kamis 9 Agustus 2018- Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur (Jatim) terus meningkatkan mutu pendidikan, dan muata lokal bahasa Madura bagi siswa Sekolah Dasar (SD). Hal itu dilakukan sebagai penerapan pendidikan karakter khususnya bagi siswa Sekolah Dasar (SD), oleh karenanya para siswa SD dalam kesehariannya harus menggunakan bahasa Madura di Sekolah.

“Siswa harus mengetahui cara berbahasa yang baik dan benar, sehingga nantinya penanaman nilai-nilai karakter anak akan tampak,” kata Kepala Dinas Pendidikan Sumenep, H. A. Shadik, Kamis (9/8/2018).

Ia menegaskan kebijakan untuk berbahasa Madura di Sekolah Dasar, baik bagi siswa dan guru diharapkan akan lebih menanamkan nilai dan budaya karakter anak sejak dini. Sebab, dalam bahasa Madura ada tingkatan bahasa ketika berbicara dengan sesama siswa kepada guru dan orang tua.

“Semoga dengan penerapan ini, anak akan terbiasa berbicara sopan dan santun kepada guru dan orang tua, yang nantinya juga terbiasa dilakukan di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Disamping siswa dan guru, para pengawas pendidikan yang datang ke Sekolah, wajib menggunakan bahasa Madura agar pendidikan karakter betul-betul terwujud.

“Penerapan berbahasa Madura di Sekolah juga akan diterapkan di semua sekolah baik tingkat SD, SMP, SMA, SMK dan sekolah sederajat lainnya dengan ditambah bahasa Indonesia dan bahasa Inggri yang baik dan benar,” pungkasnya. (Zalwi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.