oleh

Tahun 2017, Kuota Jemaah Haji Sumenep Bertambah

News Satu, Sumenep, Jumat 24 Maret 2017- Kuota Jemaah Haji Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, tahun 2017 bertambah ketimbang tahun 2016. Untuk tahun ini, calon jemaah haji (CJH) yang akan diberangkatkan Kemenag setempat mencapai 514 CJH, hal itu mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu yang hanya sebanyak 449 CJH.

“Kuota jemaah haji tahun ini sudah ditetapkan YAKNI sebanyak 514 CJH. Artinya lebih banyak dibanding tahun lalu,” kata Kasi Haji dan Umroh Kemenag Sumenep, A. Rifa’i Hasyim, Jumat (24/3/2017).

Ia menjelaskan, bertambahnya kuota jemaah haji untuk Kabupaten ujung timur Madura ini disebabkan karena secara nasional jatah untuk CJH yang akan berangkat ke tanah suci mengalami kenaikan. Pada tahun 2016 lalu, kuota CJH secara nasional berjumlah 168.800 orang, sementara untuk tahun ini mengalami penambahan sebanyak 52.000 orang menjadi 221.000 orang.

“Secara nasional memang ada penambahan. Kuota awal Sumenep Tahun ini hanya 386 orang namun bertambah menjadi 514 orang,” terangnya.

Akan tetapi, lanjut mantan Kasi Penma itu, jika kuota CJH tahun ini dibandingkan dengan tahun 2015 silam, jumlahnya masih lebih sedikit. Pasalnya, kuota CJH Sumenep dua tahun lalu mencapai 633 orang.

“Jika dibandingkan dengan tahun 2015, kuotanya masih lebih banyak dua tahun lalu,” ujarnya.

Setelah mendapat kejelasan terkait jumlah kuota CJH tahun ini, Rifa’i mengaku langsung melakukan pendataan terhadap para pendaftar yang akan berangkat ke tanah suci. Termasuk juga mendata para CJH yang memiliki paspor yang masih berlaku. Pihaknya juga mengaku akan membantu proses pembuatan paspor ke kantor imigrasi bagi CJH yang belum mengantongi paspor.

“Kalau proses pengurusan paspornya nanti akan kami bantu. Jadi para CJH tidak perlu khawatir bagaimana cara pengurusannya,” pungkasnya. (Ozi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.