Terancam Gelap Gulita, Lima Tiang Listrik Di Sumenep Roboh

News Satu, Sumenep, Kamis 5 Oktober 2017- Sebanyak lima tiang listrik yang berlokasi di Desa Matanair, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur (Jatim), roboh akibat tertimpa pohon kelapa yang tumbang, Kamis (5/10/2017).

Berdasarkan pantauan di lokasi, salah satu tiang listrik yang tumbang tersebut melintang ke tengah jalan. Akibatnya, arus lalu lintas menjadi terganggu karena tidak bisa dilintasi mobil.

Robohnya lima tiang listrik ini, disebabkan karena tertimpa pohon kelapa yang ditebang warga. Pohon kelapa tersebut diketahui milik Suni, warga Desa Matanair, Kecamatan Rubaru, yang ditebang menggunakan mesin senso oleh Sahawi.

“Sebenarnya ada tujuh orang yang membantu menarik pohon yang ditebang. Namun tambang yang digunakan tiba-tiba putus dan pohon kelapa roboh menimpa jalur listrik,” kata Erfan, warga setempat, Kamis (5/10/2017).

Ia menjelaskan, saat pohon kelapa menyentuh jaringan listrik yang melintang ke arah barat, travo yang berada di sekitar lokasi meledak dan mengeluarkan percikan api.

“Awalnya mau dirobohkan ke arah barat, namun karena angin kencang dari arah timur sehingga berbelok ke arah selatan,” ujarnya.

Akibat kejadian tersebut, empat kecamatan terancam mengalami pemadaman serentak dalam kurun waktu yang tidak bisa ditentukan.

Koordinator Pelayanan Teknik Rayon Ambunten, Supardi mengungkapkan, setidaknya ada empat kecamatan yang akan terdampak akibat robohnya lima tiang listrik tersebut. Empat kecamatan itu yakni Kecamatan Rubaru, Ambunten, Pasongsongan dan sebagian pelanggan listrik di Kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan.

“Untuk saat ini proteksi Pakondang, Rubaru, Batuputih diputus sementara,” terang Supardi.

Ia menerangkan, lima tiang listrik yang roboh terdiri dari tiga tiang STM dan dua tiang JTR. Petugas PLN saat ini sudah terjun ke lokasi untuk melakukan perbaikan. Namun pihaknya tidak bisa memperkirakan sampai kapan perbaikan tersebut selesai sehingga aliran listrik kembali normal.

“Secapatnya akan kami selesaikan. Saat ini petugas PLN sedang melakukan perbaikan ke lokasi,” imbuhnya. (Ozi) 

Komentar