Wabup Fauzi Minta Tingkatkan Pendidikan Karakter Anak Di Sumenep

News Satu, Sumenep, Kamis 2 Mei 2019- Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2019 di halaman Pemkab setempat, Kamis (2/5/2019).

Wabup Sumenep, Achmad Fauzi yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) mengatakan, Hadrdiknas adalah momentum bagi dunia pendidikan untuk peningkatan karakter untuk membentuk insan berakhlak mulia, sopan santun, tanggung jawab, serta budi pekerti yang luhur.

Fauzi bilang, pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) penekanannya pada dua penguatan, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja.

“Agar anak didik bisa berdaya saing di era yang sangat kompetitif saat ini,” ucapnya, Kamis (2/5/2019).

Ia menyatakan, hadirnya revolusi industri 4.0 dampkanya mempengaruhi cara hidup, bekerja, belajar sekaligus cara berpikir, berperilaku dan karakter peserta didik, sehingga pelajar harus memiliki karakter dan jati diri bangsa di tengah perubahan global yang bergerak cepat.

Menurutnya, saat ini peserta didik didominasi generasi Z yang terlahir di era pesatnya teknologi digital, menyebabkan mereka lebih mudah dan cepat menyerap teknologi terbaru.

“Tentu saja perkembangan teknologi itu diharapkan sekolah dan para guru untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya lokal atau Indonesia,” tutur politisi PDIP ini.

Suami Nia Kurnia ini juga mengungkapkan, pemerintah sejatinya tidak menutup mata terhadap berbagai keterbatasan yang masih ada dalam proses pembangunan pendidikan seperti kompleksitas masalah guru dan tenaga kependidikan.

“Atas nama pemerintah, saya ingin menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen yang tak lelah menyalakan mimpi, memberikan inspirasi, membuka jalan terang masa depan anak Indonesia, agar menjadi manusia cerdas berkarakter budaya,” pungkasnya.

Pada peringatan Hardiknas 2019 ini, selain dihadiri Forpimda, Kepala OPD dan pejabat tinggi lainnya di Sumenep,  ikut juga memeriahkan atraksi Marchingband mulai tingkat Sekolah Dasar hingga perguruan tinggi. (ifa)

Komentar