Polda Jatim Siapkan Skema Antispasi Kecelakaan Dan Kemacetan Lalu Lintas

News Satu, Surabaya, Jumat 14 April 2023- Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan saat arus mudik dan arus balik lebaran 2023. Diltlantas Polda Jawa Timur telah menyiapkan skema penanganan kemacetan dan menekan angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas).

Direktur Lalu Lintas ( Dirlantas ) Kombes Pol M Taslim Chairuddin mengatakan, pada lebaran 2023 akan ada lebih kurang 24 juta orang yang masuk ke Jawa Timur. Ia pun membaginya menjadi jalur arteri dan jalur tol.

Untuk jalur tol, ia tidak mempersoalkan sebab jumlah pemudik hanya tersisa 19%. Sehingga kapasitas jalan diprediksi masih menampung.

“Yang jadi persoalan ini jalur arteri, setelah keluar tol seakan-akan bottleneck atau kemacetan,” katanya, Jumat (14/4/2023).

Baca Juga :  Aktivis Lingkungan Di Sumenep Laporkan Galian C Ilegal Ke Polda Jatim

Lanjut Ditlantas Polda Jatim, setiap Polres di Jawa Timur harus membentuk Tim Urai untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan.

“Masing-masing Polres akan membentuk Tim Urai yang tugas pokoknya adalah fokus mengurai apabila ada kemacetan,” tandasnya.

Selain itu, ia juga sudah menyiapkan jalur alternatif. Bahkan untuk jalur tol, pihaknya menerapkan sistim one way mulai KM 54. Sehingga sebelum masuk ke Jawa Timur atau dua kilo meter sebelum perbatasan Ngawi telah disiapkan One Way sampai Surabaya.

Dirlantas Polda Jatim berharap, untuk memaksimalkan upaya itu, perlu ada kerjasama dari masyarakat. Menurutnya, upaya yang dilakukan tanpa dukungan dari masyarakat yang langsung di lapangan tentu tak akan berhasil.

Komentar