Inilah 5 Fakta Di Ukraina

News Satu, Ukraina, Minggu 27 Februari 2022- Ukraina merupakan Negara Eropa Timur yang kini menjadi pusat perhatian dunia, karena sedang diambang peperangan dengan rusia. Namun demikian, selain soal konflik dengan Rusia, Ukraina memiliki 5 fakta menarik.

1. Negeri kastil, benteng dan gereja kuno

Ukraina memiliki kekayaan sejarah dan budaya yang luar biasa. Negara ini, memiliki enam warisan budaya dan satu Situs Warisan Dunia UNESCO alami. Banyak dari kota-kotanya memiliki sejarah panjang dan pusat-pusat bersejarah yang terpelihara dengan baik. Gereja-gereja yang indah memenuhi kota. Ukraina juga memiliki banyak kastil dan benteng yang menjadi salah satu pengingat kejayaan negeri tersebut di masa silam.

Baca Juga :  Dampak Perang Rusia Dengan Ukraina

2. Produsen biji bunga matahari terbesar

Ukraina memiliki lahan luas yang didedikasikan untuk perkebunan bunga matahari. Diperkirakan luas total lahan pertanian bunga matahari Ukraina dapat mencakup seluruh wilayah Slovenia yang seluas 20 ribu 271 kilometer persegi.

3. Stasiun kereta bawah tanah terdalam nomor dua di dunia

Stasiun Arsenalna di Ibu Kota Kiev adalah stasiun kereta terdalam nomor dua di dunia, dengan kedalaman 105,5 meter di bawah permukaan. Untuk penumpang yang naik kereta bawah tanah di stasiun Arsenalna, mereka harus naik dua eskalator panjang ke bawah tanah yang memakan waktu sekitar lima menit.

Kedalaman stasiun yang tidak biasa ini terutama disebabkan oleh geografi Kota Kiev. Pintu masuk utama ke stasiun terletak di atas lembah curam yang berdekatan dengan Sungai Dnieper di mana tepian sungai yang tinggi menjulang di atas bagian kota lainnya.

Baca Juga :  Inilah Pernyataan Presiden Ukraina Setelah Sepekan Invasi Rusia

4. Banyak ‘Kota Hantu’

Bencana nuklir paling mematikan sepanjang masa, Bencana Chernobyl, terjadi di Ukraina pada 1986. Situs tempat terjadinya bencana ini terletak di Ukraina utara dan merupakan bagian dari Zona Pengecualian Chernobyl. Pasca bencana mematikan tersebut, sejumlah kota terbengkalai dan menjadi ‘kota hantu’ seperti yang terjadi di kota Pripyat.

5. Kedai kopi tertua di Eropa ada di Ukraina

Ukraina dan Austria sama-sama mengklaim diri sebagai pihak yang pertama kali menciptakan kedai kopi Eropa. Sejumlah pihak meyakini bahwa Yuri Kulczycki, seorang pahlawan perang Ukraina, menyeduh secangkir kopi pertama di Wina, Austria pada tahun 1680-an. Saat ini, budaya kopi Ukraina yang intens terlihat jelas di Lviv, sebuah kota Abad Pertengahan, yang kini menjadi rumah bagi ratusan kedai kopi. (red)

Komentar

JANGAN LEWATKAN