Pangdam V Brawijaya Hadiri Pembukaan TMMD di Bangkalan

Pangdam V Brawijaya Hadiri Pembukaan TMMD di Bangkalan
Pangdam V Brawijaya Hadiri Pembukaan TMMD di Bangkalan

News Satu, Bangkalan, Senin 15 Oktober 2018– Setelah melewati proses perencanaan yang cukup matang, akhirnya program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 di Jawa Timur, secara resmi dibuka.

Pembukaan itu, ditandai dengan upacara pembukaan TMMD di Desa Turin Timur, Kecamatan Konang, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, yang dihadiri langsung oleh Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman, M. A. Senin, 15 September 2018 siang.

Pangdam menuturkan, beberapa program TMMD, bakal digencarkan oleh Satgas TMMD di setiap wilayah yang menjadi sasaran TMMD di Jawa Timur.

“Nanti ada pembangunan jalan, rehab rumah, penyuluhan pertanian dan lain sebagainya,” ungkap Pangdam, Senin (15/10/2018).

Mayjen Arif Rahman menambahkan, ditetapkannya lokasi itu, merupakan suatu hasil survey yang sebelumnya dilakukan oleh Dansatgas TMMD (Dandim).

“Yang menentukan lokasinya Dandim langsung. Itu sesuai hasil rapat dengan pihak Pemda,” jelasnya.

Sementara itu, R. Abdul Latif Amin Imron menilai, program TMMD merupakan bentuk upaya dari TNI dalam membantu Pemerintah Daerah, dan masyarakat dalam melaksanakan pembangunan di wilayah tertinggal.

“Melalui program ini, sinergitas antara TNI dan masyarakat dapat terjalin dengan baik,” kata Bupati Bangkalan ini.

Selain itu, kata Latif, TMMD merupakan suatu wujud operasi bhakti TNI, dimana program tersebut merupakan perpaduan antara TNI, Pemda dan masyarakat.

“Kami selaku Kepala Daerah, sangat mendukung dan mengharapkan peningkatan dari bentuk kerjasama ini,” ucapnya.

Tak hanya itu, pembukaan TMMD ke-103 ini bertambah meriah dengan penampilan Marching Band dari Pesantren Hidayatullah dan Demonstrasi Pencak Silat dari Perguruan Joko Tole. Disamping itu, Pangdam V/Brawijaya juga berkesempatan untuk meninjau stand Pelayanan Keluarga Berencana (KB) dan pengobatan gratis yang disiapkan oleh Kodim 0829/Bangkalan serta mengunjungi beberapa stand produk-produk lokal milik kelompok maupun masyarakat sekitar.

Perlu diketahui, selain Kabupaten Bangkalan, terdapat beberapa daerah di Jawa Timur lainnya yang dijadikan sasaran pelaksanaan TMMD ke-103. Beberapa diantaranya ialah Kabupaten Bangkalan, Pamekasan, Bondowoso, Kediri dan dan Kabupaten Pacitan. (Syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.